bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
(dok. Disparbud Jabar)

Disparbud Jabar Minta Daerah Proaktif Kembangkan Objek Wisata

BERITABAIK.ID - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar meminta pemerintah daerah proaktif dalam mengembangkan objek wisata.

Hal itu disampaikan Benny saat menghadiri Rapat Koordinasi Bidang Destinasi Pariwisata Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Swiss-Belresort Dago Heritage, Bandung, 21-22 November 2023.

Benny menuturkan, rakor itu dilakukan sebagai upaya sinkronisasi kebijakan dan program pengembangan destinasi pariwisata antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

“Saya mengajak bapak dan ibu yang menjadi kepala bidang destinasi pariwisata untuk berlomba-lomba mencari destinasi wisata yang layak dijual. Ada tiga kriteria destinasi wisata menurut Markplus, yaitu adventure tourism, comfortable tourism, dan vibrant tourism. Tolong ajak masyarakat sekitarnya untuk berpartisipasi di sana,” ucap Benny dalam keterangan resminya.

Ia juga mengatakan dalam membangun destinasi wisata yang terpenting adalah pandangan baik dan bagus dari wisatawan.

“Saya sarankan bapak ibu sekalian untuk banyak koordinasi dan kolaborasi dengan asosiasi. Selain itu tolong lihat juga potensi yang ada di sekitar bapak ibu. Ingat, dalam membangun destinasi wisata yang terpenting harus bagus menurut para wisatawan,” jelasnya.

Kadisparbud Jabar juga meminta kabupaten/kota agar mempersiapkan diri untuk menyambut wisatawan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Tak hanya itu, pergerakan wisatawan diperkirakan juga meningkat seiring aktivasi Bandara Nusawiru, Tol Cisumdawu, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, serta rencana pembangunan Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya).

Terkait hal itu, kabupaten/kota diarahkan agar tidak hanya menyiapkan quantity tourism saja, tapi dibarengi dengan quality tourism. Hal tersebut ditujukan agar wisatawan bisa lebih lama menghabiskan waktunya berlibur di Jawa Barat dan turut melibatkan masyarakat lokal.

Kadisparbud Jabar juga menyinggung peran sumber daya manusia dalam memajukan sektor pariwisata. Menurutnya, SDM yang berkualitas akan berperan penting terhadap perekonomian suatu wilayah.

“PR besar lainnya adalah sumber daya manusia. Sebagus-bagusnya kita membangun, kalau SDM-nya tidak mampu memelihara, maka tidak akan jadi apa-apa. Oleh sebab itu saya mengajak bapak ibu sekalian untuk fokus pada peningkatan kualitas SDM pariwisata.

Ketika masyarakatnya sadar, saya berani jamin ekonomi di kabupaten/kota akan meningkat,” tuturnya.

Selain arahan dari Kadisparbud Jabar, rapat ini juga diisi dengan materi dari Dian Heri Sofian, S.T.,M.T, IALI selaku Ketua Umum Pengurus Nasional IALI (Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia). Selain itu juga diadakan sharing session penyampaian isu dan permasalahan pariwisata dari kabupaten/kota.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

GIIAS Bandung Resmi Dibuka, Ada Diskon Pajak untuk Pembelian Kendaraan Baru

5 Rekomendasi Film Pendek Indonesia yang Bisa Ditonton di Youtube