bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
(dok. Humas UI)

Mahasiswa UI Ciptakan Sistem Informasi untuk Monitor Gizi dan Higienitas Kantin Sekolah

BERITABAIK.ID - Peneliti muda asal Universitas Indonesia (UI) berhasil menciptakan sistem informasi bernama CanteenCare.Sistem informasi ini berperan sebagai platform edukasi gizi. Di mana setiap siswa membeli makanan atau minuman tertentu, akan muncul pesan-pesan edukatif terkait kandungan gizi dan higienitas makanan yang dibeli.

Sekolah yang menerapkan sistem informasi kesehatan CanteenCare ini nantinya juga dapat memonitor konsumsi gizi siswanya serta mengambil tindakan cepat apabila terdapat kejadian keracunan makanan.

Perancangan sistem informasi ini merupakan karya mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI. CanteenCare meraih gelar juara pertama pada kompetisi Indonesian Public Health Olympiad (IPHO) 2023 pada kategori Perancangan Sistem Informasi Kesehatan Masyarakat.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI) di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, pada 8-9 November 2023.

Tim FKM UI yang berjuang pada perlombaan ini berisikan tiga anggota, yakni Rowena Sofia Zepanya, Annabel Serafina, dan Yolanda Claudia Zipora.

Munculnya inovasi CanteenCare berlatar karena perhatian mereka bertiga pada pentingnya pola makan siswa SMA, sebagai kelompok transisi dari masa kanak-kanak ke dewasa. Bagaimanapun, makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh kepada kebutuhan nutrisi seseorang.

“CanteenCare hadir sebagai sistem informasi kesehatan yang berperan sebagai database menu makanan kantin, serta media bagi siswa untuk memesan makanan kantin,” ujar Rowena, seperti yang dikutip dari laman resmi UI.

Rowena juga menambahkan, bahwa alur sistem ini akan membuat penjual kantin membuat pesanan makanan sesuai aplikasi. “Melalui inovasi ini, siswa dapat memesan makanan kantin sesuai dengan alur aplikasi yang sudah dirancang, kemudian penjual kantin akan membuat pesanan sesuai pesanan yang masuk di aplikasi.”

Selain memperhatikan gizi siswa, sistem informasi ini juga akan membantu sekolah dalam memperhatikan higienitas makanan yang berada di area kantin sekolah. Sehingga jika terjadi keracunan makanan, pihak sekolah bisa menindaklanjutinya dengan cepat.

Keberhasil CanteenCare dalam ajang kompetisi kemudian mendapatkan apresiasi dari Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FKM UI, Dr. Ir. Asih Setiarini, M.Sc. Ia turut bangga dengan prestasi yang diraih oleh mahasiswanya.

“Sistem informasi, CanteenCare yang dikembangkan mahasiswa ini saya rasa akan memberikan edukasi pada masyarakat terutama siswa-siswi SMA yang paling banyak terpapar dengan berbagai makanan kekinian,” ujarnya.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Hari Anak Sedunia 20 November, Membela Hak Setiap Anak di Dunia

Resmi! Bahasa Indonesia Ditetapkan Jadi Bahasa Konferensi Umum UNESCO