bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
aksi dukungan terhadap Palestina digelar di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (17/11/2023).

Jawa Barat Siap Galang Dana untuk Palestina, Target Rp1 Triliun

BERITABAIK.ID - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menginisiasi penggalangan dana untuk korban konflik di Palestina. Hal itu dikatakan Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin usai menghadiri aksi dukungan terhadap Palestina digelar di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (17/11/2023).

"Diharapkan jumlah donasinya itu infaqnya bisa mencapai Rp1 triliun. Dengan asumsi kurang lebih 50 juta penduduk Jawa Barat, 20 persennya sekitar 10 juta orang dengan asumsi Rp100 ribu per orang, jadi ada Rp1 triliun," jelasnya.

Menurut Bey, bantuan itu akan dikumpulkan di Baznas Jabar. Sedangkan jenis bantuannya, selain uang tunai akan disesuaikan dengan kebutuhan warga Gaza, Palestina.

"Nanti untuk teknisnya dikumpulkan oleh Baznas dan pemerintah daerah kabupaten kota, lalu di kolektif di Jabar dan diserahkan ke Baznas Pusat untuk didistribusikan," ungkapnya.

Pada aksi itu, Bey menyebut warga Jabar begitu antusias menyuarakan dukungan kepada Palestina. Hal itu menandakan rasa solidaritas masyarakat dengan apa yang terjadi disana begitu tinggi.

"Iya itu menunjukkan bahwa kita memiliki solidaritas dan rasa kemanusiaan yang tinggi," tutup Bey.

Dalam aksi tersebut, sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat turut hadir dalam aksi ini. Massa aksi juga berasal dari berbagai elemen masyarakat.

"Kami mengirimkan doa, mengirimkan cinta dan dukungan kepada rakyat Palestina. Disini kami berdiri mengutuk semua tindakan kekerasan kepada rakyat Palestina. Semoga allah senantiasa melindungi keselamatan rakyat Palestina," ucap Asda Pemerintahan dan Kesejahteraan Jabar Dedi Supandi.

Sementara Ketua MUI Jabar Rahmat Syafei mengajak seluruh massa aksi untuk menyatukan dukungan agar bencana kemanusiaan yang terjadi di Palestina segera berakhir. Dia pun menegaskan, dukungan kepada Palestina merupakan wajib hukumnya.

"Kami imbau hentikan perbuatan biadab ke rakyat Palestina. Dukungan bisa apa saja, termasuk hadir kesini menunjukan rasa keimanan juga kemanusiaan. Kasih sayang Allah dekat bagi orang yang berbuat baik," jelasnya.

Editor : Dendi Ramdhani

Bapenda Jabar Hadirkan GIIAS di Bandung

Komitmen Pemilu Damai Melalui Jabar Anteng