bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Seni
Bapenda Jabar akan menghadirkan pameran otomotif terbesar di Indonesia Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Sudirman Ballroom pada 22-26 November 2023.

Bapenda Jabar Hadirkan GIIAS di Bandung

BERITABAIK.ID – Badan Pendapatan Daerah Provinsi (Bapenda) Jawa Barat menghadirkan pameran otomotif paling populer di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). GIIAS hadir untuk mendorong pertumbuhan pendapatan di Jabar dari sektor pajak kendaraan.

Kabid Perencanaan dan Pengembangan Bapenda Jabar Dedi Mulyadi mengatakan, Bapenda terus melakukan pendekatan sekaligus mendorong agar penyelenggaraannya bisa dilaksanakan di wilayah Jawa Barat.

Akhirnya, pada tahun ini, untuk pertama kalinya Kota Bandung terpilih sebagai tuan rumah. GIIAS 2023 series Bandung digelar pada 22-26 November mendatang di Sudirman Grand Ballroom.

“Bapenda mendorong GIIAS ini bisa diselenggarakan di Bandung. Ini menjadi sebuah kebanggaan dan diharapkan bisa berdampak baik pada pelaku industri atau pecinta otomotif di Jawa Barat,” ucap dia dalam diskusi Road to GIIAS Bandung, di Kantor Bapenda Jabar, Jumat (17/11/2023).

“Yang kedua, proyeksi kami, nilai transaksi selama lima hari penyelenggaraan GIIAS di Bandung itu di angka Rp1 sampai Rp2 Triliun. Jika terealisasi, akan ada pajak yang kita terima untuk pendapatan daerah,” ia melanjutkan.

Terpisah, Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik mengatakan ada beberapa tujuan membawa GIIAS diselenggarakan di Jawa Barat. Ini adalah salah satu implementasi Community Engagement dengan konsep Matching Programme, Matching Fund dan Matching Promotions.

Lalu, menurut dia, pertumbuhan kendaraan di provinsi berjuluk tanah tatar sunda ini masih sangat baik.

“Kendaraan mobil dan motor yang terdaftar di Jabar ini totalnya 25,3 juta unit. Dari jumlah itu 18 persen roda empat. Penambahan kendaraan dalam satu tahun berada di angka satu juta unit,” ucap dia.

“Kemudian, mayoritas pendapatan itu berasal dari pajak kendaraan bermotor, bea balik dan lain sebagainya. Membawa GIIAS ke Bandung adalah bagian dari upaya-upaya untuk merealisasikan target yang sudah dicanangkan,” ucap dia.

Tahun ini, Bapenda menargetkan pendapatan daerah kurang lebih Rp 34 triliun. Sejauh ini, hingga tanggal 11 November 2023 angka realisasinya sudah di angka 85 persen.

“Upaya untuk merealisasikan target sudah mencapai 85 persen. Kami optimistis hingga akhir tahun target bisa tercapai,” jelas dia.

Editor : Dendi Ramdhani

Lima Rekomendasi Wisata Dekat Whoosh

Jawa Barat Siap Galang Dana untuk Palestina, Target Rp1 Triliun