bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita

Coldplay Donasi Kapal Pembersih Sampah untuk Sungai Cisadane

BERITABAIK.ID - Band rock asal Inggris, Coldplay, menggandeng lembaga The Ocean Cleanup untuk berdonasi kapal pembersih sampah (interceptors). Interceptors yang dinamai Neon Moon II ini nantinya akan berfokus pada kegiatan di Sungai Cisadane, Jakarta.

Kabar tersebut muncul di akun resmi X The Ocean Cleanup pada Rabu (15/11/2023). Dalam postingan tersebut, terlihat sebuah video yang menunjukkan kolaborasi keduanya membersihkan sampah sungai.

Dalam postingan tersebut, dijelaskan bahwa Neon Moon II merupakan interceptors kedua yang menjadi kolaborasi antara The Ocean Cleanup dengan Coldplay.

Sebelumnya, Coldplay ikut berkontribusi atas kapal pembersih sampah Interceptor 005 atau Neon Moon I yang sudah digunakan untuk membersihkan sungai Klang di Malaysia. Hasilnya, lebih dari 1 juta kg sampah dibersihkan dari sungai tersebut.

Menyusul kesuksesan tersebut kolaborasi interceptors kedua ini hadir. Kini, kapal interceptors 020 atau New Moon II ini sedang dalam perakitan.

Menurut The Ocean Cleanup, sungai merupakan sumber utama pencemaran plastik di lautan. Selain membersihkan apa yang telah ada di laut, diperlukan juga untuk mencegah sampai plastik dari sungai masuk ke laut. Sekitar 1000 sungai bertanggung jawab atas sekitar 80% pencemaran sungai.

Seperti yang ditulis melalui website resmi The Ocean Cleanup, personil Coldplay dan CEO dari lembaga swadaya masyarakat asal Belanda tersebut mengumumkan rencana ini sebagai bagian dari tur. Mereka juga memutar video kegiatan mereka sebelum konser dimulai sebagai pesan kepada para penggemar musik.

Coldplay baru saja menyelenggarakan konser dalam tur bertajuk Music of The Spheres World Tour di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Rabu, 15 November 2023. Ini merupakan konser pertama Coldplay di Indonesia.

Empat personil dari band yang aktif sejak 1997 tersebut berhasil menghibur para penggemar dengan deretan lagu hits mereka.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

PSM IPB Bawa Pulang Juara Umum di Praga Cantat International Choir Competition

Film "Gampang Cuan" Sudah Hadir di Bioskop Indonesia