bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Bey Machmudin mengukuhkan pengurus Dekranasda Jabar masa bakti 2023-2024 (dok. Biro Adpim Jabar)

Kukuhkan Pengurus Baru Dekranasda, Bey Optiminis Kerajinan Jabar Lebih Mendunia

BERITABAIK.ID - Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin optimistis pengurus baru Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jabar dapat memajukan dunia kerajinan lebih pesat lagi.

Di tangan para pengurus baru, Bey menginginkan produk kerajinan dan ekonomi kreatif Jabar bisa lebih mendunia lewat berbagai inovasi.

"Harapannya lebih melakukan inovasi lagi supaya kerajinan Jabar bisa lebih mendunia," ujar Bey dikutip dalam keterangan resminya (13/11/2023).

Para pengurus Dekranasda masa bakti tahun 2023-2024 baru saja dikukuhkan oleh Penjabat Ketua Dekranasda Jabar Amanda Soemedi di kantor Dekranasda Jabar.

Para pengurus terdiri dari unsur organisasi perangkat daerah (OPD) Pemda Provinsi Jabar dengan ketua harian Dekranasda Jabar dijabat oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar Noneng Komara Nengsih.

Bey menuturkan, kepengurusan Dekranasda Jabar sebelumnya sudah terbilang baik. Pengurus baru harus mampu mempertahankan prestasi yang sudah ada dan meningkatkannya lewat berbagai inovasi.

Bey menekankan, tak hanya fokus pada produk kerajinannya saja yang harus mendunia tetapi harus sepaket dengan budayanya.

"Budayanya juga harus makin dikenal dunia, jadi tidak hanya kerajinannya saja," pintanya.

Sejauh ini produk kerajinan asal Jabar sudah banyak yang diekspor ke berbagai negara. Seperti produk dari tanah liat, kayu, rotan, hingga fesyen.

Produk-produk tersebut juga sering mejeng di event internasional. Tak hanya dipasarkan ke mancanegara, produk Jabar juga harus semakin dicintai masyarakat lokal.

"Kuncinya adalah pengurus Dekranasda Jabar harus solid dan terus berinovasi dalam upaya memasarkan produk-produk Jabar dan bisa membuat masyarakat semakin mencintai produk lokal Jabar," pungkas Bey.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Mahasiswa UNY Buat Inovasi, Ubah Air Laut Jadi Layak Minum & Bahan Bakar Kapal

MejaRasa vol.2 Hadirkan Sajian Apik dan Talkshow Menarik