bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Sejumlah hasil kerajinan produk Jawa Barat yang dipamerkan di Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Kota Bandung.

Bey Machmudin Minta Dekranasda Jabar Terus Berinovasi

BERITABAIK.ID - Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengapresiasi kinerja dan peran Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat mengangkat produk kriya ke berbagai level nasional dan internasional.

Bey mengatakan kinerja Dekranasda Jabar terbukti moncer karena banyak meraih prestasi terutama di level kompetisi Nasional, namun menurutnya yang patut diapresiasi adalah kerja keras para pengurus mengenalkan produk kriya Jawa Barat ke pentas dunia.

“Ada yang lebih penting daripada prestasi Dekranasda, yakni sudah membawa kerajinan Jawa Barat mendunia,” katanya usai melantik pengurus Dekranasda Jawa Barat periode 2023-2024 di Kerabat Store, Dekranasda Jabar, Bandung, Senin (13/11/2023).

Bey berharap kepengurusan baru Dekranasda Jabar yang dipimpin oleh Ketua Amanda Machmudin dan Ketua Harian Noneng Komara terus melakukan inovasi dan terobosan agar produk kerajinan Jawa Barat makin mendunia.

“Kerajinan daerah bukan sekedar produk namun juga cerminan nilai-nilai leluhur masyarakat Jawa Barat. Dengan Dekranasda sebagai wadah pengembangan, kita punya kesempatan menjaga dan menghidupkan kembali tradisi-tradisi yang telah diterima dari generasi terdahulu,” paparnya.

Menurutnya kriya Jawa Barat yang merupakan bagian dari ekonomi kreatif juga diharapkan bisa optimal menjadi penyumbang ekspor mengingat kerajinan dan bahan yang dihasilkan oleh para pelaku usaha makin beragam. “Produk-produknya sangat baik dan bernilai seni tinggi,” katanya.

Bey berpesan agar pada saat menampilkan kriya Jawa Barat di berbagai ajang nasional maupun internasional, pengurus menyelipkan pesan dan gambaran terkait budaya. “Kerajinan Jawa Barat tak hanya lebih mendunia lagi, tapi budayanya juga lebih dikenal. Jadi tidak hanya kerajinannya saja, tapi budaya Jawa Barat-nya juga,” ujarnya.

Di tempat yang sama Ketua Harian Dekranasda Jabar Noneng Komara mengatakan sesuai dengan misinya Dekrasnada harus terus mengembangkan produk lokal dengan kualitas dan selera internasional.

“Kemudian produk kriya tersebut bisa menembus pasar global lebih luas lagi, karena harapan kami pengurus Dekranasda yang baru ini bisa membawa semangat bagi para pelaku usaha kriya,” katanya.

Menurutnya selama Covid-19, para pelaku usaha kerajinan di Jawa Barat terdampak cukup signifikan, karena itu sejak awal 2023 Dekranasda mendorong dan mempromosikan produk kerajinan Jawa Barat secara optimal.

“Dari segala sisi kita bantu, kita minta pembinanya (jajaran Dekranasda) untuk terus berkontribusi, karena di sini mereka yang terlibat itu suka dan ingin memajukan produk kriya Jawa Barat. Tak hanya pengurus provinsi tapi juga pengurus kabupaten/kota,” tuturnya.

Pihaknya sepakat dengan arahan dan apresiasi Penjabat Gubernur bahwa produk kriya Jawa Barat sudah naik level. Noneng menunjuk 9 pengrajin kriya Jawa Barat berhasil memperoleh penghargaan dan nominasi di ajang Kriya Nusa 2023 lalu.

“Mereka terbaik dari seluruh kerajinan daerah lain di Indonesia. Bahannya juga beragam, dari kain, bambu, kayu hingga logam,” ujarnya.

Noneng juga mengajak pecinta kriya untuk mengunjungi Kerabat Store yang berlokasi di Jalan Ir H Juanda No 19 (Dago) Kota Bandung. Menurutnya Kerabat Store menghadirkan produk unggulan yang sudah dikurasi dan berkualitas mulai fesyen, kerajinan, kuliner, hingga bisa menjadi ruang pertunjukan budaya.

Di area Kerabat Store juga ada Kerabat Cafe yang menyajikan kuliner khas Jabar. Termasuk ruang pameran yang bisa untuk pelatihan. “Ada juga kegiatan rutin untuk pelatihan IKM setiap hari Rabu lewat ‘Rabu Ngelmu’ dan Kamis ‘Kemis Geulis’,” pungkasnya.

Editor : Dendi Ramdhani

Bey Machmudin Kukuhkan Seratus Duta Integritas

Rebana Expo 2023, Cara Jabar Gaet Investasi Pantura