bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
(dok. Laman resmi PSSI)

PSSI Izinkan Bendera Palestina Berkibar di Piala Dunia U-17

BERITABAIK.ID - Piala Dunia U-17 akan dilaksanakan pada 10 November 2023 mendatang.

Pertandingan sepak bola ini akan diselenggarakan di empat stadion di Indonesia yaitu Gelora Bung Tomo Surabaya, Manahan Solo, Si Jalak Harupat Bandung, dan Internasional Stadium Jakarta.

Pertandingan U-17 ini diselenggarakan di tengah duka yang terjadi di Palestina. Masyarakat Indonesia maupun dunia sedang ramai menyuarakan dukungannya terhadap Palestina.

Salah satu yang dilakukan adalah pengibaran bendera Palestina di berbagai kegiatan maupun di media sosial.

Sebagai dukungan terhadap kemanusiaan dan perlindungan HAM, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI), Erick Thohir yang telah berkoordinasi dengan FIFA memperbolehkan bendera Palestina dikibarkan dalam pertandingan ini.

Erick Thohir menyebut hal ini sebagai menghargai kebebasan berekspresi pada perlindungan HAM dan kemanusiaan.

"FIFA menghargai kebebasan berekspresi. Apalagi pada perlindungan HAM dan kemanusiaan. Ini terutama dalam konteks pengibaran bendera Palestina. Jadi PSSI dalam hal ini menegaskan tidak ada pelarangan apalagi sanksi," kata Erick dalam laman resmi PSSI.

Sejalan dengan itu, Ketua Komite Hukum PSSI, Ahmad Riyadh menegaskan pengibaran bendera Palestina bukanlah hal yang dilarang.

Riyadh mempersilakan suporter untuk menyemarakkan solidaritasnya itu di bangku dan tribune stadion. Layaknya apa yang terjadi di sejumlah liga dunia yang mana suporter sepakbola membentangkan bendera dan spanduk dukungan pada nasib Palestina.

Yang perlu digaris bawahi bahwa PSSI meminta agar suporter tidak melakukan pitch invasion atau menyerbu masuk ke lapangan. Hal ini tidak diperkenankan karena melanggar peraturan dan keselamatan.

Riyadh menambahkan selama ini komitmen PSSI pada Palestina tak perlu diragukan. PSSI dan Federasi Sepakbola Palestina memiliki relasi spesial. Bahkan rutin menggelar kerja sama dan uji coba.

Bahkan yang teranyar, kata Riyadh, Ketum PSSI Erick Thohir menawarkan Indonesia sebagai kandang Palestina kala mereka menjamu Australia pada kualifikasi Piala Dunia 2026 November ini.

"Soal komitmen PSSI pada Palestina tak perlu diragukan. Seperti yang diucapkan oleh Ketum PSSI, kandang Indonesia adalah kandang Palestina juga!" tutup Riyadh.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Jabar Wacanakan Tambah SPKLU di 2024

Dukung Piala Dunia U-17, Trans Metro Pasundan Tambah Titik Halte Baru