bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita
(dok. konya.bel.tr)

Bukan Hanya Naik Balon Cappadocia, Ini 5 Cara Rayakan Liburan Seru di Turki

BERITABAIK.ID - Beberapa tahun terakhir, destinasi Turki semakin menarik minat wisatawan Indonesia. Mulai dari maraknya agen travel yang menawarkan perjalanan ke Turki dengan beragam kisaran harga, umroh plus Turki, hingga penggalan film seri yang viral di internet ikut menaikkan nama Cappadocia.

Cappadocia di Nevsehir punya keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Pemandangan bebatuan dari letusan gunung Erciyes menjadikannya daya tarik tersendiri.

Namun, selain pemandangan indah Cappadocia, Turki memiliki banyak destinasi lain yang tak kalah cantik. Jika sedang dalam perencanaan berlibur ke Turki, 5 keseruan ini juga bisa menjadi referensi:

1. Menonton Tari Sema di Konya

(dok. konya.bel.tr)

(dok. konya.bel.tr)

Konya merupakan kota peristirahatan terakhir bagi seorang filsuf dan penyair ternama, Jalaludin Rumi. Beragam destinasi untuk mengenal Jalaludin Rumi bisa dinikmati di Konya. Mulai dari Museum Mevlana, hingga ke pertunjukan Tari Sema.

Tari Sema atau Whirling Dervishes merupakan tari yang khidmat bagi para sufi. Tarian ini dilakukan berputar mengikuti irama lagu, merujuk kepada kehidupan yang terus berputar dan kecintaan hamba kepada Tuhan.

Jika berkunjung ke Konya, pertunjukan Tari Sema tak boleh dilewatkan. Tari Sema akan dilaksanakan di teater Mevlana Cultural Centre pada setiap hari Sabtu jam 7 malam. Dengan harga tiket sekitar 10 ribu rupiah, penonton akan disajikan Tari Sema selama kurang lebih satu jam lamanya.

2. Menjelajahi puluhan museum di Istanbul

(dok. dailysabah.com)

Membicarakan Sejarah Istanbul seolah tidak akan ada habisnya. Oleh sebab itu, Istanbul memiliki banyak museum bersejarah. Mulai dari Museum Istana Topkapi yang memiliki beragam koleksi bersejarah, Museum Panorama 1453 yang menceritakan kisah penaklukan Konstantinopel, Museum Arkeologi, ataupun museum Istana Dolmabahce yang menjadi saksi bisu berakhirnya Kesultanan Turki Usmani.

Jika memiliki banyak waktu di Istanbul, wisatawan bisa membeli kartu museum pass yang bisa digunakan selama 5 hingga 15 hari. Meskipun ada beberapa museum yang tidak bisa menggunakan kartu ini, tapi jelajah museum akan tetap memuaskan karena kartu ini juga bisa digunakan di seluruh kota di Turki. Tiket bisa dibeli website resmi museum Turki.

3. Menikmati keindahan alam di Rize

(dok. edition.cnn.com)

Provinsi yang berada di dekat laut hitam ini terkenal dengan keindahan alamnya. Gambaran kota dengan gunung, danau, dan pepohonan akan berkelebat selama kunjungan ke Rize. Rize juga dapat dinikmati di musim apapun.

Perjalanan ke Rize cukup jauh. Menaiki bus dari Istanbul akan memakan waktu selama 17 jam, sedangkan 2 jam dengan pesawat. Selama di Rize, wisatawan direkomendasikan untuk menyewa mobil karena akses transportasi dalam kota yang terbatas.

4. Bermain ski di atas Gunung Uludag, Bursa

(dok. dailysabah.com)

Sekitar Bulan Desember ingga Maret, Turki memasuki musim dingin. Gunung Uludag di Bursa cukup terkenal bagi para wisatawan yang ingin menikmati salju. Selain untuk menikmati salju, wisatawan juga bisa bermain ski dan naik teleferik atau lift udara.

Harga sewa ski dan tiket lift udara yang ditawarkan akan berubah-ubah setiap tahunnya. Namun keindahan dan keseruan musim dingin Turki tidak seharusnya dilewatkan.

5. Naik kereta jauh dengan rute perjalanan Ankara-Kars

(dok. hurryatdailynews.com)

Hal lain yang bisa dilakukan saat musim dingin tiba adalah berlibur dengan kereta. Kereta musim dingin ini dimulai dari Ankara hingga Kars, salah satu provinsi paling timur Turki. Perjalanan akan memakan waktu selama 25 hingga 26 jam lamanya. Dengan menaiki Dogu Ekspresi atau Eastern Express, penumpang akan disuguhkan pemandangan indah musim dingin yang tak ada habisnya.

Harga tiket yang ditawarkan cukup beragam tergantung kelas. Mulai dari kursi ekonomi hingga gerbong yang memiliki tempat tidur. Mendapatkan tiket kereta ini cukup sulit, calon penumpang harus berebut tiket dari beberapa bulan sebelumnya. Harga tiket bisa dilihat di website TCDD atau Turkish Railways.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Dukung Piala Dunia U-17, Trans Metro Pasundan Tambah Titik Halte Baru

Jawa Barat Raih Layanan Investasi Terbaik ALI Awards 2023