bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mendampingi Presiden Joko Widodo. (dok. Humas Jabar)

Jabar Wacanakan Tambah SPKLU di 2024

BERITABAIK.ID - Seiring dengan kian meningkatkan minat masyarakat terhadap kendaraan listrik, Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali mewacanakan untuk menambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di tahun 2024.

Menurut Kepala Dinas ESDM Jawa Barat Ai Saadiyah Dwidaningsih mengatakan, saat ini ada 153 SPKLU di Jabar.

"Saat ini sudah ada 153 SPKLU tersebar di seluruh Jabar, ini yang dibangun oleh PLN termasuk 11 fast charging. Belum termasuk yang ada di hotel-hotel, di mal-mal," ujar Ai di Bandung, Selasa (7/11/2023).

Pembangunan SPKLU, kata Ai, dilakukan agar masyarakat Jawa Barat perlahan tidak kesulitan dalam menggunakan kendaran listrik. Sejumlah tempat wisata di Jawa Barat juga sudah memiliki stasiun pengisian baterai kendaran berlistrik.

"Ini merupakan sebuah komitmen pemerintah provinsi Jawa Barat di dalam menyiapkan infrastruktur, agar masyarakat sudah mau mulai beralih, shifting kepada kendaraan listrik ini," ucapnya.

Disinggung soal penambahan SPKLU pada tahun depan, Ai mengatakan, Pemprov Jabar akan membahas terlebih dahulu untuk penambahan itu. Sebab saat ini sendiri sudah cukup banyak SPKLU yang dimanfaatkan para pemilik kendaran listrik.

"Saat ini kita belum memetakan kembali, karena kajian terakhir di tahun 2021, karena waktu itu memang awalnya tahun 2021 itu baru dua SPKLU di Jawa Barat, sekarang meningkat 153," katanya.

Meski begitu, Ai mengungkapkan, pada tahun 2024 tentunya akan ada koordinasi lebih lanjut mengenai penambahan jumlah SPKLU. Namun dia belum bisa memastikan apakah nantinya akan ada penambahan atau tidak pada tahun depan.

"Ke depan mungkin nanti kita akan petakan kembali begitu ya, tapi mobilisasi atau di daerah-daerah yang memang kendaraan listriknya banyak itu sudah aman kayak Bekasi, Bogor, Bandung itu sudah aman," kata dia.

Editor : Dendi Ramdhani

Jalan Terjal Bonus Demografi

PSSI Izinkan Bendera Palestina Berkibar di Piala Dunia U-17