bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita

Golongan Darah Emas, Golongan Darah Terlangka di Dunia

BERITABAIK.ID - Pernah mendengar tentang golongan darah Rh-null (rhesus null)? Golongan darah ini ternyata disebut-sebut sebagai salah satu yang paling langka di dunia. Bahkan lebih langka dibandingkan AB rhesus negatif.

Pada umumnya golongan darah dikelompokkan berdasarkan jenis antigen A atau B dan antigen Rh (protein) pada sel darah. Kebanyakan orang memiliki golongan darah A, B, AB, atau O, baik itu dengan rhesus positif ataupun negatif. Namun berbeda dengan Rh-null, pada golongan darah ini tidak ditemukan antigen Rh dalam darahnya sama sekali.

Pengecekan golongan darah tentu penting untuk transfusi darah. Namun diketahui manusia dengan golongan darah Rh-null hanya sekitar 50 orang di seluruh dunia. Sementara pendonor aktifnya hanya ada 9 orang. Karena jumlah yang sedikit ini lah, golongan darah Rh-null dijuluki sebagai "golden blood type" atau "golongan darah emas".

Golongan darah Rh-null pertama kali ditemukan di suku Aborigin, Australia. Golongan darah emas ini terjadi dikarenakan mutasi genetik.

Hal yang istimewa bagi pemilik golongan darah emas adalah menjadi pendonor universal. Karena tidak memiliki antigen pada sel darah, pemilik rh-null bisa mentransfusi darahnya kepada semua jenis golongan darah tanpa resiko penolakan transfusi. Namun sebaliknya, bagi mereka yang memiliki golongan darah ini, transfusi darah dari kelompok yang berbeda bisa jadi berbahaya

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Kota Bandung Turut Deklarasikan Damai Pemilu 2024

Punya Stok 87 Ribu Ton, Jabar Pastikan Cadangan Beras Aman