bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat (Bapenda Jabar) Dedi Taufik menerima penghargaan Indonesia Visioner Leader (IVL) kategori Best In Public Services Digital Transformation, di Jakarta, Jumat (27/10/2023)

Hadirkan Samsat Drive Thru Leuwipanjang, Dedi Taufik Sabet Penghargaan IVL

BERITABAIK.ID - Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat (Bapenda Jabar) Dedi Taufik menerima penghargaan Indonesia Visioner Leader (IVL) kategori Best In Public Services Digital Transformation. Hal itu berdasarkan atas inovasinya dalam upaya memodernisasi pelayan publik untuk mempermudah masyarakat membayar pajak.

Penghargaan tersebut diberikan oleh salah satu media nasional pada pertengahan pekan lalu. Hal ini menambah daftar prestasi yang diraihnya selama menjabat sebagai Kepala Bapenda Jabar.

Diketahui, dalam penghargaan itu tidak lepas dari inovasi pelayanan Samsat Digital di Leuwipanjang dan Aplikasi Mobile Sambara.

Samsat Digital Leuwipanjang merupakan Samsat pertama di Indonesia yang menyediakan layanan pembayaran pajak lima tahunan secara drive thru, sehingga tidak perlu mengantri, fotocopy berkas dan mengisi formulir. Selain itu, Samsat ini dapat memberikan layanan yang jauh lebih cepat daripada layanan sebelumnya.

Sedangkan Sambara (Samsat Mobile Jawa Barat) adalah inovasi layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan yang berupa aplikasi smartphone berbasis Android dan iOS. Dengan hadirnya Sambara di Aplikasi Sapawarga, wajib pajak dapat mengakses Layanan Pembayaran Pajak Tahunan di mana saja dan kapan saja.

Melalui kedua layanan digital ini, masyarakat Jawa Barat dipermudah saat hendak membayar pajak.

“Kami dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus melakukan invoasi. Dari Bapenda sendiri, fokus utamanya adalah memudahkan masyarakat dan optimalisasi layanan. Dengan layanan digital ini harapannya semua proses lebih cepat dan lebih baik,” ucap Dedi Taufik dalam keterangan resminya, Minggu (29/10/2023).

Adanya layanan digital ini, lanjut Dedi, juga memberikan fasilitas yaitu para wajib pajak tidak perlu mencetak bukti pembayaran pajak kendaraan tahunan karena akan dikirimkan lewat aplikasi Email dan WhatsApp langsung ke wajib pajak. Juga dalam prakteknya seluruh pembayarannya menggunakan pembayaran Non Tunai, baik QRIS, virtual account dan mesin EDC atau kartu debit.

Hal ini sejalan dengan percepatan dan perluasan digitalisasi daerah yang diinisiasi oleh Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia. Ia juga mengungkapkan kehadiran pelayanan ini merupakan hasil dari kolaborasi dengan Tim Pembina Samsat Nasional, Korlantas Kemendagri, dan Jasa Raharja.

“Kami sudah melakukan perubahan, terutama ada Samsat yang lebih panjang yang menjadi role model yang akan dilakukan oleh tingkat nasional, terutama Tim Pembina Samsat Nasional, yaitu Polantas, Kementerian Dalam Negeri, dan Jasa Raharja,” ujarnya.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh tim Bapenda Jabar kepada penyelenggara penghargaan yang telah memberikan anugerah di program Indonesia Visionary Leader. Kita mencoba berbenah diri, yaitu dengan melakukan transformasi digitalisasi bagaimana memberikan kepuasan pelanggan, terutama dalam hal pembayaran pajak,” Dedi melanjutkan.

Penghargaan yang diberikan merupakan hasil penilaian para dewan juri yang hadir pada sesi penilaian dalam merumuskan, mengomunikasikan, dan mengimplementasikan visi mereka pada lembaga, instansi, atau perusahaan yang dipimpin di hadapan para juri-juri expert.

Mereka adalah Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Budi Frensidy, Analis Perundang-Undangan Sekretariat Ditjen OTDA Kementerian Dalam Negeri Saydiman Marto, Ketua Pembina Indonesia Institute For Corporate Directorship (IICD) Andi Ilham Said, Pengajar Global Business Marketing, Binus Business School dan Co-Founder Astagatra Institute Wahyu T. Setyobudi.

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas juga memberi apresiasi terhadap program IVL yang dinilai diharapkan bisa berdampak pada kinerja pemerintah daerah ke depannya.

“Yang memberikan penghargaan kepada para pemimpin daerah, instansi, dan kampus swasta yang mempunyai inovasi di sektor penanganan ekonomi di tengah situasi seperti sekarang ini. Mudah-mudahan ke depan bisa terus ditingkatkan, pemerintah punya program birokrasi berdampak, jadi penilaian pemerintah harus berdampak pada empat sektor setidaknya, mampu menangani kemiskinan, bisa meningkatkan investasi, menangani inflasi, dan meningkatkan digitalisasi,” katanya.

Editor : Dendi Ramdhani

Kerja Pakai Hati, Cara Kang Ade Uncle D Ciptakan Wedding Dream Pengantin

Dedi Supandi Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan lewat Program 'Gerbang Desa'