bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Acara
Gelaran ICAD Kembali Hadir, Usung Tema "Feel-Good Lab" (dok. Nida Yasmin)

Gelaran ICAD Kembali Hadir, Usung Tema "Feel-Good Lab"

BERITABAIK.ID - Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD) kembali hadir di tahun ke-13 pameran ini berlangsung.

Mengusung tema "Feel-Good Lab" yang menjadi manifesto kuratorial ICAD. Tema ini berfokus pada emosi positif saat bereksperimen, bermain, dan mengutak-atik tindakan yang berasal dari keingintahuan, keinginan, atau kebutuhan.

Pemilihan kata Lab di akhir tema ini juga tidak sembarang. Lead Curator ICAD 13, Amanda Ariawan menyebutkan hal ini juga berkaitan dengan manifesto.

"Berangkat dari manifesto tersebut, pameran ICAD 13 nantinya akan diperlakukan sebagai laboratorium eksperimental, untuk mencapai atau mengungkapkan pemikiran kritis seputar keadaan ini; ruang di mana seniman, desainer, dan publik dapat mengeksplorasi, mengaktifkan, dan mengolah perasaan mereka kembali,” kata Amanda dalam rilisannya.

ICAD menampilkan 54 pelaku kreatif multidisipliner, kolektif juga komunitas yang bergerak di berbagai bidang seperti seni, desain, musik, budaya, dan material baru.

Selain itu karya yang ditampilkan oleh para seniman dan desainer ini menawarkan pandangan yang lebih mendetail tentang berbagai gagasan mengenai kepedulian, humor, feel-good, dan emosi-emosi kontras yang ada di sekitarnya.

Karya-karya ini terbagi dalam lima kategori yaitu Special Appearance, In Focus, Featured, Open Submission, dan Collaboration.

Bahkan diketahui, di tahun ini jumlah submission dari individu dan kolektif bertalenta meningkat dua kali lebih banyak daripada tahun lalu. Tahun ini datang dari 18 kota dan 7 negara.

Salah satu pengunjung, Nida Yasmin mengatakan pameran ini merupakan pameran yang menarik. Ia juga mengatakan mendapatkan pengalaman yang seru.

"Sangat menarik karena banyak banget exhibitionnya, dan itu tuh malah kita tuh jadi banyak menginterpretasikan si hasil karya. Dan kebetulan di sana ada karya temen aku, temen-temen dari POT Branding House, mereka bikin exhibition," kata Nida

Ia juga menceritakan pengalaman serunya bertemu dengan salah satu seniman.

"Kemarin juga sempet cerita sama Alex Abad, dia seorang actor film, seniman dan itutuh jadi salah satu pengalaman yang seru banget dan kaget karena ga nyangka bisa ngobrol," tambah Nida.

Untuk diketahui Pameran ICAD ini berlangsung di Grand Kemang Hotel, Jakarta Selatan dari tanggal 13 Oktober hingga 26 November 2023 mendatang.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Jabar Komitmen Dukung Pemilu Damai dan Aman

Playlist Live Festival 2023 Hadir 20-22 Oktober 2023!