bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita

Konser Musik Cinta Rasul dan Sawala Sariak Layung, Ekspresi Rasa Cinta Pada Nabi Muhammad SAW

BERITABAIK.ID - Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) Raya Provinsi Jawa Barat gelar konser musik Cinta Rasul dan Sawala Sariak Layung dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/2023 M di Area Masjid Raya Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Minggu (15/10/2023).

Sejumlah artis ternama di antaranya Yukie Pass Band dan Rivaldi feat Eski Cupumanik turut memeriahkan konser musik dakwah ini.

Tak hanya itu kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pertunjukkan seni tradisional Sunda serta Barongsai dan sholawat nabi.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Faiz Rahman menuturkan, melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, sudah sepatutnya sebagai umat muslim bersatu tanpa mengedepankan perbedaan.

"Yang lebih penting Allah sudah menjadikan Rasulullah ini sebagai tauladan bagi kita. Organisasi boleh berbeda, tapi hari ini kita hadir dalam satu tujuan, yaitu Cinta kepada Rasul," katanya saat memberikan sambutan.

Pihaknya pun sangat mengapresiasi kegiatan konser musik dakwah ini. Ia berharap, kegiatan semacam ini bisa terus diselenggarakan setiap tahunnya.

"Kami apresiasi kegiatan ini. Kita setuju ini jadi agenda tahunan. Dalam kegiatan ini, kita menjadi lebih tahu bahwa apapun perbedaan kita yang penting kita punya persamaan, persamaan itu adalah cinta kepada Rasul,"ujarnya.

"Jadi pesan ini menjadi oleh-oleh bagi kita untuk dibawa ke rumah masing- masing bahwa apapun perbedaan, kita memiliki persamaan yang harus tetap terjaga,"imbuhnya.

Sementara, Ketua DKM Masjid Raya Bandung, KH.Hasyim Asyari mengatakan, kegiatan ini untuk mengenang dan memetik pembelajaran, serta hikmah di hari kelahiran Nabi Muhammad Saw, yang lebih dikenal dengan peringatan Maulid Nabi.

Selain itu kata dia, kegiatan ini merupakan salah satu cara mengekspresikan rasa bersyukur, cinta dan kerinduan yang mendalam kepada

Rasulullah SAW dengan berbagai cara, salah satunya dengan musik.

Perlu diketahui, sebelumnya DKM Masjid Raya Bandung juga telah menyelenggarakan bedah sejarah Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan tepat pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan festival Barzanji.

"Ini bagian dari salah satu cara mengekspresikan rasa bersyukur, cinta dan kerinduan yang mendalam kepada Rasulullah Saw," tegasnya.

Terkait suguhan acara yang tak hanya menampilkan tembang-tembang islami, namun juga menampilkan budaya sunda dan budaya tionghoa, kata Hasyim hal ini untuk menyampaikan suatu pesan bahwa perbedaan tidak menghalangi kita untuk tetap bersama-sama mencintai Rasulullah SAW.

"Acara ini menyampaikan suatu cerita yang terbangun tentang Rasul, dimana beliau adalah suri tauladan bagi kita," katanya.

Pada konser ini, selain menghadirkan grup band juga hadir Guru Gembul Cendikiawan dari Jawa Barat, Deni Ahmad Haedari Ketua PW Ansor Jawa Barat, Reza Arfah Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat, serta Rosihan Fahmi dari Pengurus Pondok Pesantren Persis Manba'ul Huda.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Cerita Mirsha, Banyak Peran Banyak Keseruan

Kota Bandung Siap Sambut Kirab Pemilu 2024