bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Fesyen
(dok. Istimewa)

Rayakan Hari Batik Nasional, Pullman Persembahkan Interactive Art Experience

BERITABAIK.ID - Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Pullman dan ibis Styles Bandung mempersembahkan "Eklektik Batik", sebuah pengalaman unik untuk melestarikan budaya Batik kepada publik. Inisiasi ini bertujuan untuk mengenalkan batik yang bersinergi secara harmonis dengan teknologi.

Pembukaan acara Eklektik Batik ini digelar bertepatan pada Hari Batik Nasional pada Senin, (2/10/2023). Acara ini merupakan kegiatan seni interaktif di mana para tamu dapat membatik pola Batik pilihan mereka dengan menggunakan teknologi digital.

Turut dimeriahkan oleh peragaan busana Trunk Show, bekerja sama dengan Dama Kara, UMKM batik lokal Bandung yang dikenal dengan desain Batik Kontemporer serta komitmennya dalam memberdayakan rekan-rekan istimewa. Komitmen Dama Kara tertuang pada bentuk apresiasi royalti kepada rekan-rekan istimewa pada setiap hasil karya seni mereka yang terjual.

Selain itu, Art Lab MOTIONBEAST, Studio Kreatif Multimedia dari Bandung turut menjadi bagian dari rangkaian acara “Eklektik Batik”. Menampilkan visual animasi yang mengeksplorasi keberagaman Batik tradisional berpadu dengan kontemporer pada layar LED interaktif. Melalui kolaborasi ini, MOTIONBEAST mengekspresikan bagaimana Batik secara harmonis dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi pada era digital.

General Manager Pullman & ibis Styles Bandung, Dominique A. Albero menyebut untuk perayaan Hari Batik tahun ini ia ingin merayakan keindahan batik dengan pendekatan yang lebih modern.

"Tahun ini, kami ingin merayakan keindahan Batik dengan pendekatan yang lebih modern, kami berkomitmen untuk selalu berselaras dengan teknologi terkini seiring dengan terus berkembangnya mode dan trend. Inisiatif Batik ini dirancang khusus untuk mengembangkan pengenalan Batik dengan inovasi unik agar terus menginspirasi masyarakat untuk melibatkan batik dalam kehidupan sehari-hari kita. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi pemacu bagi masyarakat untuk selalu melestarikan Warisan Budaya dan Seni Indonesia yang tak lekang oleh waktu," kata Dominique.

Interactive Art Experience ini dilengkapi dengan LED berukuran 5x3m yang menampilkan visual animasi perjalanan pengenalan Batik serta evolusi dari generasi ke generasi. LED interaktif menjadi inisiasi utama pada event ini di mana turut menampilkan kreasi personalisasi Batik para tamu yang dihasilkan melalui layar “touch screen” digital. Para tamu dapat mengunduh kreasi mereka dengan memindai QR Code yang tersedia dan akan tersimpan pada ponsel mereka.

Eklektik Batik akan berlangsung selama dua pekan mulai Senin, 02 Oktober 2023 hingga Minggu, 15 Oktober 2023 dan terbuka untuk para tamu yang ingin menelusuri keberagaman Batik dengan cara yang unik.

Ekletik Batik juga merupakan bagian dari KARNAVALL - Batik Experience di hotel Pullman & ibis Styles Bandung Grand Central, sebuah kampanye terbaru dari Accor untuk merayakan keindahan Batik Indonesia yang diwujudkan dalam berbagai bentuk, mulai dari paket menginap, hingga ragam aktivitas dalam hotel.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Hadiri Rakor Operasi Mantap Brata Lodaya, Bey Machmudin: Jabar Jadi Barometer

MUJ Raih Penghargaan BUMD Migas Terbaik Kemendagri