bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Musik

Space Cubs Rilis Album Bertajuk 'The Chorus Superstar'

BERITABAIK.ID - Duo unit musik indiepop asal Purwokerto yaitu Space Cubs yang beranggotakan Sofyan Nahdi (Guitar) dan Amirul Syahrul (Vocal), merilis album berjudul ‘The Chorus Superstar’ secara digital pada tanggal 28 September 2023.

Album yang terdiri dari 8 lagu ini dirilis oleh Space Cubs melalui Glossarie Records, sebuah label musik independen asal kota Bandung yang juga cukup konsisten merilis karya-karya dari band-band emerging dalam kurun waktu tiga tahun ini.

Tidak seperti rilisan karya mereka sebelumnya yang selalu mengangkat cerita mengenai keseharian para personilnya, kali ini Space Cubs lebih mengangkat sesuatu yang lebih complex dan bukan hanya berkutat pada pengalaman pribadi para personil.

Seperti lagu “Aging Wine 101”, lagu ini terinspirasi dari salah satu orang tua personil saat menjalani masa dudanya. Betul kata orang, semakin tua, semakin jadi.

Untuk proses penggarapan album dilakukan oleh personal Space Cubs sendiri. Sofyan yang fokus pada aransemen lagu dan musik, Amirul fokus pada penulisan lirik dan nada lagu secara keseluruhan. Adapun pihak yang sangat amat membantu dalam proses rekaman adalah Sendy dari Gumbreg Records dan Bassist additional mereka yaitu Danang.

Space Cubs memilih lagu “The Chorus Superstar” sebagai feature song di album ini dikarenakan lagu tersebut merupakan paduan yang pas dari indie rock , synth pop serta jangle pop.

“Karena memang basic musik dari personil kita tidak jauh dari genre seperti itu,” kata Amirul mengenai pendapatnya tentang pemilihan feature song di album mereka ini.

Lagu ini juga sebenarnya menceritakan tentang pribadi personal Space Cubs itu sendiri. Dari awal mula bertemunya, pembentukan lalu bagaimana mereka improve dari waktu ke waktu.

Untuk nuansa musik dari The Chorus Superstar sendiri, Space Cubs menggambarkannya dengan layer dari suara synthesizer. Dimana synthesizer lebih menonjol ketimbang sound lainnya . Apalagi dipadukan dengan sound jangle dari petikan gitar yang di tambahkan melodi yang cukup ‘rough’ dari suara fuzz maupun overdrive.

Dari segi sound, Space Cubs banyak terinspirasi dari band Smith Western, dimana Sofyan sangat menyukai band tersebut. Lalu dengan kebiasaan Amirul mendengarkan progresi guitar british, maka terbentuklah The Chorus Superstar.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Hari Kesaktian Pancasila 2023, Pj Wali Kota Ajak Masyarakat Amalkan dan Pertahankan Ideologi Pancasila

Sejauh Mata Memandang dan Cita Tenun Indonesia Keluarkan Koleksi Spesial Bertajuk 'Rona'