bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Kuliner

Hubungan Spesial Antara Jajanan Sunda dan Tepung Aci

BERITABAIK.ID - TemanBaik, pasti gak asing dengan jajanan khas Bandung seperti cireng, cimol, cilok, dan makanan berawalan ci- lainnya. Tau gak sih apa persamaan di antara makanan-makanan tersebut?

Ya, betul banget! Yaitu bahan dasarnya. Tepung tapioka atau tepung kanji, atau lebih akrab disebut aci punya ruang tersendiri di hati masyarakat Sunda. Ada ragam sajian kuliner asal kota kembang dan sekitarnya yang berbahan dasar aci. Aci sendiri berasal dari tepung pati yang diekstraksi dari singkong alias sampeu.

Tekstur aci punya karakteristik yang khas, yaitu halus dan licin. Apabila diolah teksturnya pun kenyal serta sangat lengket. Aci juga dapat diolah menjadi banyak sajian dengan metode kukus, goreng, bakar, dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa jajanan khas Sunda yang berbahan dasar aci. Simak bersama yuk, Teman Baik!

1. Cimol

Ininih, salah satu yang paling terkenal di antara jajanan berbahan dasar aci lainnya. Cimol adalah singkatan dari aci digemol yang artinya aci dibentuk bulat-bulat seperti bakso. Kemudian adonan cimol digoreng di minyak panas hingga garing dan dibumbui dengan bubuk instan berbagai rasa.

2. Cireng

Umumnya, jajanan yang satu ini dijajaki bersamaan dengan jenis gorengan lainnya seperti bala-bala, combro, hingga tahu isi. Cireng adalah aci digoreng, yang merupakan camilan khas Bandung yang memiliki tekstur garing diluar dan chewy di dalam.

Kini inovasi cireng dengan berbagai isi dan bumbu mudah ditemui seiring perkembangan kuliner di Nusantara.

3. Cilor

Bentuknya serupa cilok, namun disusun dan ditusuk seperti sate lalu digoreng menggunakan telur. Ya, Cilor adalah jajanan favorit lain yang mudah ditemukan di sekolah-sekolah atau area jajanan kaki lima.

4. Cilok

Pastinya gak asing dengan kudapan yang satu ini. Cilok alias aci dicolok bisa dibilang salah satu pelopor jajanan berbahan dasar aci sebelum marak variasinya seperti sekarang ini. Bentuknya bulat seperti bakso dan biasa disajikan dengan bumbu kacang dan saus. Cocok banget disantap waktu lagi anget-anget!

5. Cimin

Nah ini salah satu bentuk inovasi dari jajana cilok, yaitu cimin alias cilok mini. Bentukannya memang serupa cilok dengan ukuran lebih kecil, namun disajikan dengan cara digoreng menggunakan telur dan dibentuk di wadah-wadah kecil. Tekstur kenyal bergabung bersama bumbu gurih bikin cimin punya rasa yang ngangenin….

6. Cibay: “Aci ngagebay”

Kalau yang satu ini, Teman Baik pernah dengar? Atau justru pernah makan? Cibay atau aci ngagebay punya cita rasa yang pedas gurih. Cibay dibuat menyerupai lumpia goreng dengan tambahan isian seperti sosis, keju, ayam suwir, atau yang lainnya.

7. Cilung

Ini dia yang jadi favorit banyak orang juga, cilung atau aci digulung. Seperti namanya, cara penyajian kuliner yang satu ini digulung. Sebelum digulung, biasanya pedagang cilung menaburkan bubuk instan berbagai rasa ataupun bubuk cabai.

8. Cipuk

Kerupuk yang biasanya digoreng garing, di tangan orang Sunda bisa jadi jajanan menari lainnya. Cipuk atau aci kerupuk merupakan olahan yang terbuat dari adonan kerupuk yang direndam dengan tepung tapioka. Jajanan ini lumayan digemari dipasaran karena bentuknya yang unik dan harganya murah meriah~

9. Cimplung

Ini dia Cimplung atau “aci nyemplung”. Kenapa disebut nyemplung? Sebab cara mengolah Cimplung adalah dengan memasukan adonan yang telah diuleni ke rebusan air mendidih hingga matang. Kreasi makanan berbahan dasar aci yang terakhir ini punya cita rasa yang manis dan kenyal.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Nicole World Tour Jakarta: Selamat Datang Kembali di Rumah, NIKI!

Bey Siap Jalankan Instruksi Presiden Mengenai Transportasi Publik