bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Kisah Inspiratif
Kakek I Made Tawa (dok. tangkapan layar)

Cerita Seorang Kakek Lakukan Ujian Proposal di Umur 80 Tahun

BERITABAIK.ID - Viral sebuah video di sosial media yang menunjukkan seorang kakek jalani ujian proposal di umur 80 tahun.

Kakek ini diketahui bernama I Made Tawa. Video yang diunggah oleh pemilik akun TikTok @inyomanbudaasmaraputra ini sudah ditonton lebih dari 2,5 juta kali.

"Ujian proposal skripsi mahasiswa berumur 80 tahun," tulisnya dalam caption.

Para warganet memberikan apresiasi terhadap sang kakek, pasalnya di usia yang sudah tidak muda, kakek I Made Tawa masih semangat untuk kuliah dan menyandang gelar sarjana.

Kampus tempat kakek I Made Tawa berkuliah adalah Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan, Singaraja, Bali dengan prodi Ilmu Komunikasi Hindu. Ia mulai berkuliah pada tahun 2019 lalu.

Kakek I Made tinggal di Kelurahan Panarukan, Kecamatan Buleleng ini diketahui sudah memiliki sepuluh orang anak dan 40 orang cucu. Namun kegigihannya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Untuk masuk ke ruang sidang, dengan jalan tertatih kakek I Made Tawa terlihat dibantu berjalan oleh dua orang pria.

Saat sampai di ruangan, kakek I Made Tawa yang menggunakan almamater berwarna merah marun melepas topi yang ia gunakan. Rambut yang sudah tidak lagi hitam terlihat semakin jelas.

Ia kemudian mempresentasikan skripsi yang berjudul "Analisis Dampak Pelatihan Customer Service Dengan Pendekatan Jendela Johari Terhadap Kualitas Komunikasi Interpersonal Dan Kepuasan Pelanggan Di PT Telkom" ke hadapan para dosen penguji yang umurnya lebih muda dibanding dirinya.

Sang kakek bisa menjawab pertanyaan-pertanyaa dari penguji tanpa ketegangan dari raut wajahnya.

Dari Kakek I Made Tawa kita bisa mengetahui bahwa tidak ada kata terlambat untuk belajar ataupun mencari ilmu.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Bawakan Lagu Laskar Pelangi, NICOLE World Tour Jakarta Banjir Haru

TPA Sarimukti Mulai Dipadatkan, Zona 1 Bisa Tampung 80 Ribu Ton Sampah Terpilah