bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Indonesia Bercerita
Kota Bandung dulu kala (dok. bandung.go.id)

Peringati Hari Jadi Kota Bandung ke-213, Yuk Ketahui Sejarah Lahirnya

BERITABAIK.ID - Kota Bandung peringati hari lahir ke 213 pada 25 September 2023 ini. Sebelum ditetapkan pada 25 September, hari jadi Kota Bandung pernah diidentikkan dengan pembentukan gemeente Kota Bandung pada 1 April 1906.

Lalu mengapa dan kapan ya penetapan hari jadi Kota Bandung menjadi 25 September?

Pada tahun 1997 pemerintah Kota Bandung berusaha untuk menetapkan hari jadi Kota Bandung yang benar berdasarkan pembuktian atau fakta sejarah. Usaha ini dilakukan melalui seminar pada tanggal 10 Maret 1997, kemudian dilanjutkan sarasehan pada tanggal 22 Januari 1998.

Dibentuk pula tim untuk meneliti hari jadi Kota Bandung yang dapat dipertanggungjawabkan. Tim ini terdiri dari sejarawan dari fakultas sastra Universitas Padjadjaran dan beberapa pakar bidang lainnya.

Penelitian ini menghasilkan penetapan tanggal 25 september 1810 sebagai “Hari Jadi Kota Bandung"

Berdirinya Kota Bandung tidak bersamaan dengan pembentukan Kabupaten Bandung. Terdapat selisih jeda cukup jauh setelah Kabupaten Bandung berdiri.

Kabupaten Bandung ini dibentuk sekitar pertengahan abad ke-17 masehi dengan bupati pertama Tumenggung Wirangunangun yang memerintah Kabupaten Bandung beribukota di Krapyak yang saat ini dikenal dengan Dayeuhkolot.

Kemudian ketika Kabupaten Bandung dipimpin oleh Bupati ke-6 yaitu R.A Wiranatakusumah II, kekuasaan di nusantara beralih dari kompeni kepada pemerintah Hindia Belanda, dengan Gubernur Jenderal pertama yang bernama Herman Willem Daendels.

Daendels membangun jalan raya pos dari Anyer ke Panarukan. Pembangunan ini dilakukan oleh rakyat pribumi di bawah pimpinan bupati daerah masing-masing.

Pada 25 Mei 1810 melalui surat Daendels meminta Bupati Bandung dan Bupati Parakanmuncang untuk memindahkan ibukota kabupaten, masing-masing ke daerah Cikapundung dan Andawadak (Tanjungsari) mendekati jalan raya pos.

Namun jauh sebelum surat itu keluar, tanpa sepengatahuan Daendels, Bupati Bandung sudah merencanakan untuk memindahkan ibukota Kabupaten Bandung ke tempat lain yang dianggap cocok sebagai pusat pemerintahan karena Krapyak letaknya tidak strategis dan sering dilanda banjir.

Lokasi yang dipilih adalah lahan kosong berupa hutan, terletak di tepi barat sungai Cikapundung, tepi selatan jalan raya pos yang sedang dibangun (yang menjadi pusat Kota Bandung sekarang).

Sekitar akhir tahun 1808 atau awal tahun 1809, Bupati beserta sejumlah rakyatnya pindah dari Krapyak mendekati lahan bakal ibukota baru. Mula-mula bupati tinggal di Cikalintu (Cipaganti), kemudian pindah ke Balubur Hilir, selanjutnya pindah lagi ke kampung bogor (Kebon Kawung, pada lahan gedung pakuan sekarang).

Tidak diketahui pasti berapa lama Kota Bandung dibangun, tetapi kota ini dibangun bukan atas prakarsa Daendels, melainkan atas prakarsa Bupati Bandung R.A. Wiranatakusumah II .

Kota bandung diresmikan sebagai ibukota baru Kabupaten Bandung dengan besluit yaitu tanggal 25 september 1810. Hal ini menunjukkan selama belum ditemukan sumber lain yang menunjukan fakta lebih akurat, maka tanggal 25 September 1810 dapat dipertanggung jawabkan validitasnya sebagai "Hari Jadi Kota Bandung".

Hari jadi Kota Bandung ini disahkan melalui peraturan daerah nomor 35 tahun 1998.

Dengan demikian, tanggal 1 april yang beberapa tahun lamanya biasa diperingati sebagai hari ulang tahun kota bandung bukan lagi hari jadi kota bandung, karena tanggal 1 april 1906 merupakan tanggal pembentukan gemeente bandung.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Kafe di Melawai Ini Punya Konsep Rumah Nenek, Berdayakan Lansia

Dedi Taufik Siap Tingkatkan Target Pendapatan Sesuai Instruksi Pj Gubernur