bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Masjid Al Irsyad, Kabupaten Bandung Barat

Tak Hanya Masjid Al-Jabbar, Yuk Lihat 10 Masjid Unik Rancangan Ridwan Kamil

BERITABAIK.ID - Sebagai seorang arsitek, Ridwan Kamil merancang berbagai macam bangunan, termasuk bangunan masjid. Selain Masjid Raya Al-Jabbar yang ia rancang mengapung di atas air, pria yang akrab disapa Kang Emil ini juga sudah merancang beberapa masjid yang tesebar di Indonesia sampai luar negeri.

Berikut 8 Masjid yang dirancang oleh Ridwan Kamil:

1. Masjid Al-Irsyad, Kabupaten Bandung Barat

Masjid ini berada di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Masjid ini memiliki desain bangunan unik yang berbeda dengan masjid pada umumnya.

Memiliki kapasitas hingga 1.500 jemaah, masjid ini

dibangun di lahan seluas 1.871 meter persegi. Keunikan masjid ini bangunannya berbentuk kubus tanpa kubah yang didominasi dengan warna abu-abu.

2. Masjid Al-Mumtadz, Kabupaten Bandung

Masjid ini berada di kawasan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Penamaan Masjid Al-Mumtadz ini didedikasikan untuk mengenang mendiang putranya Emmeril Kahn Mumtadz (Eril). Nama Al Mumtadz sendiri diambil dari nama belakang mendiang Eril yang juga memiliki arti "terbaik/istimewa/sempurna"

Lokasi makam mendiang Eril ini berdampingan dengan masjid ini.

Memiliki desain yang unik, masjid ini dikelilingi dengan pilar berbentuk silinder yang menjulang ke atas. Diketahui desain ini terinspirasi dari konsep butiran air hujan yang turun dari langit.

3. Masjid Jami'e Darussalam, Jakarta Pusat

Masjid ini berlokasi di Jalan Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Masji ini disebut sebagai 'Masjid Segitiga Tanah Abang' karena memiliki atap bangunan berbentuk segitiga yang terbuat dari kaca dan fiber.

Masjid ini dirancang oleh Kang Emil bersama biro arsitektur Urbane yang ia dirikan bersama rekan-rekannya pada 2012 lalu.

4. Masjid Al-Kamil, Kabupaten Sumedang

Masjid ini berada di daerah Jemah, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Jika masjid pada umumnya memiliki kubat berbetuk bulat, masjid Al Kamil ini dirancang menyerupai bunga teratai yang sedang mekar.

Menjadi icon warga Sumedang, masjid ini menjadi wisata relegi yang ada di Kabupaten Sumedang.

5. Masjid Kubah 99 Asmaul Husna, Kota Makassar

Masjid ini berada di kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Tanjung Bungam, Makassar.

Masjid ini termasuk masjid terbesar di Sulawesi. Desain masjid ini klasik modern, futuristik dan memiliki bentuk yang unik.

Masjid ini dikelilingi oleh kubah yang berjumlah 99 nama Asmaul Husna dan terdiri dari tiga area.

6. Masjid Baiturrahman, Yogyakarta

Masjid ini berada di Dusun Kopeng, Merapi, Sleman, Yogyakarta.

Masjid ini tidak memiliki bagian kubah pada umumnya. Konsep bangunan masjid ini adalah permainan bayangan dengan menciptakan banyak bukaan kecil di bagian dinding dan atap masjid. Bukaan masjid ini membentuk kaligrafi lafaz Allah.

Bukaan ini juga membuat sirkulasi udara dan cahaya menjadi lancar karena lokasi masjid ini yang berada di kaki gunung dengan temperatur 16-17 derajat celcius sehingga tidak semakin bertambah dingin dan membiarkan cahaya matahari masuk secara optimal melalui sisi batu bata yang menghasilkan bayangan indah.

7. Masjid Raya Al-Azhar, Summarecon Bekasi

Masjid ini berada di Summarecon Bekasi. Dibangun diatas lahan seluas kurang lebih 3000 m2, Masjid ini dapat menampung hingga 1200 jamaah.

Masjid unik ini terinspirasi dari bangunan Ka'bah di Baitullah Mekah. Dengan menggunakan material dan desain yang ramah lingkungan, masjid ini diharapkan akan memberikan kenyamanan dan kekhusyukan warga masyarakat dalam menjalankan ibadah.

8. Masjid Al Safar, Rest Area KM 88 Tol Purbaleunyi

Masjid Al Safar ini berada di kawasan rest area KM 88 Tol Purbaleunyi.

Masjid yang bisa menampung 1200 jemaah ini memiliki desain unik seperti lipatan origami.

Masjid ini pernah masuk ke dalam nominasi Abdullah Al-Fozam Award, yaitu ajang penghargaan yang menampilkan desain dan karya masjid di negara-negara berpenduduk muslim dunia.

9. Masjid Raya Asmaul Husna, Tangerang

Masjid ini berada di kompleks Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten.

Keunikan dan daya tarik dari masjid yang didesain Kang Emil ini adalah kaligrafi Asmaul Husna yang menghiasi dinding masjid.

10. Masjid Syaikh Ajlin, Palestina

Tak hanya di Indonesia, Kang Emil juga mendesain masjid yang berada di Gaza, Palestina.

Masjid yang didominasi warna putih ini terdiri dari dua bangunan juga satu menara yang jika secara filosofis mempelihatkan bahwa menara masjid ini menunjukkan hubungan dengan Allah, sedangkan kedua bangunan lainnya menunjukkan hubungan dengan manusia dan alam.

Masjid Syaikh' Ajlin terdiri dari tiga lantai yang tidak hanya difungsikan sebagai rumah ibadah, tetapi juga sebagai pusat pendidikan bagi para penghafal Al-Quran.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Lantik Enam Pejabat Bupati dan Wali Kota, Ini Pesan Bey Machmudin

Bey Machmudin Dampingi Jokowi Tinjau Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang