bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Pelatihan PTK yang berlangsung di SMK Pariwisata Telkom Bandung. (dok. Istimewa)

Pendidikan Pariwisata UPI Gelar Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMK Pariwisata di Bandung Raya

BERITABAIK.ID - Sebagai leading dalam dunia pendidikan, Universitas Indonesia (UPI) jurusan Pendidikan Pariwisata atas inisisasi dari Oce Ridwanudin selaku ketua mengadakan kegiatan pengabdian pada guru SMK Pariwisata yaitu pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SMK Pariwisata Telkom Bandung pada Rabu (9/8/23).

Peserta pelatihan PTK ini merupakan guru-guru SMK Pariwisata yang ada di Bandung raya.

PTK ini merupakan upaya penelitian tindakan yang dilakukan tenaga pendidik untuk meningkatkan kualitas dari pembelajaran yang dilakukan dengan sistematis.

PTK perlu dilakukan oleh tenaga pendidik untuk mengatasi masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran di dalam kelas, seperti kurangnya mutu pembelajaran dan kurangnya proses pembelajaran di kelas.

Pada sesi pertama kegiatan ini berisi pemaparan dan sesi tanya jawab bersama narasumber yaitu Dr. Rini Andari, S.Pd., SE. Par., MM, Andreas Suwandi, S.Pd., Gr., M.Pd sebagai moderator dan Cep Ubad Abdullah, S.Pd., M.Pd sebagai pembawa acara.

Pada sesi kedua dilakukan pengelompokkan peserta yang dilanjutkan dengan pelatihan menggunakan canvas PTK yang sudah disediakan oleh pihak penyelenggara.

Terdapat tim dosen Pendidikan Pariwisata yaitu Endah Fitriyaniyang turut membantu peserta pelatihan di setiap meja untuk mengisi canvas PTK yang digunakan.

Setelah melakukan pelatihan, permasalahan yang dikemukakan oleh para guru SMK adalah keadaan emosional tenaga pendidik yang dapat mempengaruhi suasa di dalam kelas. Entah permasalahan pribadi yang mempengaruhi emosi tenaga pendidik hingga sikap dan emosi yang tengah dirasakan tenaga pendidik saat itu pun dapat mempengaruhi suasana di kelas.

Sedangkan pada sisi peserta didikpun dapat menimbulkan masalah ddalam pembelajaran. Peserta didik yang tidak dapat fokus saat proses pembelajaran dapat mengganggu peserta didik lainnya, emosi yang tengah dirasakan peserta didik hingga masalah personal juga mempengaruhi mereka dalam proses pembelajaran.

Keadaan di dalam kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran dan hasil pembelajaran peserta didik membuktikan bahwa masalah ddan keadaan yang membuat proses pembelajaran di dalam kelas menjadi tidak berjalan baik harus ditelusuri dan diberikan solusi.

Maka PTK hadir untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa, mutu belajar, penyesuaian pada alat bantu ajar untuk mencapai tujuan pembelajaran, juga peningkatan kemampuan problem solve tenaga pendidik dalam menyelesaikan masalah di dalam kelas.

Pelatihan PTK ini merupakan edukasi yang diberikan untuk mengatasi permasalahan di dalam kelas yang dapat menurunkan mutu pembelajaran dan membantu tenaga pendidik dalam mengatasi masalah di dalam kelas yang akan muncul kedepannya.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Libur Nasional 2023 Lebih Banyak, Disparbud Jabar Siapkan Event Hingga Benahi Objek Wisata

Kurangi Sampah, West Java Festival 2023 Sediakan Water Station