bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Pesta kembang api menutup acara West Java Festival 2023. (Foto: Humas Jabar)

West Java Festival 2023, dari Penampilan Musisi Ternama hingga Pesta Kembang Api

BERITABAIK.ID - West Java Festival (WJF) 2023 yang telah digelar dua hari  ditutup dengan penampilan sejumlah penyanyi dan band ternama Tanah Air di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Ahad (3/9/2023) siang sampai malam.

Mulai dari Pas band siang hari, kemudian  Gigi, The Changcuters, hingga Juicy Luicy tampil menyemarakkan momen pamitan Gubernur Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum kepada warga Jabar.

Ada pula musisi Sunda legendaris Doel Sumbang yang berkolaborasi dengan Ega Robot Percussion.

Sebelum naik ke atas panggung, tak ada yang menyangka Ridwan Kamil akan diperkenalkan sebagai MC yang akan mengantarkan para seniman naik panggung.

Mistery guest tersebut, yakni Gubernur Jawa Barat, yang tampil sebagai host, sebelum menampilkan artis Smash dan Wika Salim.

Baca Juga : Momen Haru Ridwan Kamil Pamit: Saya Akan Jadi Warga Biasa

Memakai kaus kuning bertuliskan 'Nuhun Wargi Jabar' dan topi hitam bertuliskan "RK", Ridwan Kamil berjalan di atas panggung sambil menyapa ribuan warga Jawa Barat yang hadir.

Sambil menyapa puluhan ribu warga Jawa Barat, Ridwan Kamil juga terlihat membagikan topi bertuliskan "RK" singkatan dari Ridwan Kamil.

"Saya target pensiun itu dua, pertama jadi host talkshow setuju?" tanya Ridwan Kamil di depan puluhan penonton.

"Setuju," jawab riuh penonton.

Dari pertengahan acara itu pun Ridwan Kamil memimpin jalannya pertunjukan berbagai band papan atas Indonesia.

"Yang pertama kami tampilkan, Smash!" teriak Ridwan Kamil saat menjadi host. Setelah satu lagu, Ridwan Kamil sempat berbincang dengan personel boyband dan mengajak meneriakkan 'Jabar Juara'.

Baca Juga : Melihat Wajah Indonesia dalam Goresan Kuas Pak Jitno

Setelah Smash tampil, Ridwan Kamil juga memandu penggalangan dana untuk seniman Sunda yang berkontribusi pada dunia seni budaya Indonesia tapi kurang beruntung dan terlupakan.

Ridwan Kamil secara on the spot mengajak puluhan ribu penonton yang hadir menyumbangkan seikhlasnya dari tabungan masing - masing melalui aplikasi QRIS.

Dimotori Gabungan Artis Seniman Sunda (GASS) dengan pentolan seperti Armand Maulana, dari aksi penggalangan terkumpul dana Rp120 juta untuk kemudian dipergunakan sebagaimana mestinya.

Setelah itu, ikut menghangatkan udara dingin Bandung pedangdut yang sedang naik daun Wika Salim dengan lagu yang dipopulerkannya 'Rungkad' dan beberapa lagu lainnya.

Malam puncak diakhiri dengan penampilan kelompok musik remix asal Bandung, Feel Koplo, yang memainkan beberapa komposisi dan membuat para penonton bergoyang.

Baca Juga : 5 Tahun Jabar Juara, Ridwan Kamil Resmikan Tiga Proyek di Cianjur

Sebelum tiga lagu pamungkas dan WJF 2023 berakhir, langit gelap di atas Stadion Siliwangi dibuat terang dengan atraksi kembang api selama 10 menit nonstop. Tak pelak para penonton semakin histeris dan bergembira. 

Lewat tengah malam seperti yang dijanjikan, petugas memunguti sisa sampah berserakan untuk kemudian diolah menjadi barang bernilai ekonomi.

Guna mengurangi produksi sampah,  sebelumnya penyelenggara sudah mengumumkan bahwa kepada setiap pemegang tiket masuk agar membawa tumbler dan kotak makan sendiri.

Botol-botol air mineral yang terlanjur dibawa, terpaksa harus disimpan dulu di pintu penjagaan untuk dibawa kembali saat pulang.***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Momen Haru Ridwan Kamil Pamit kepada Warga Jabar di Stadion Siliwangi

Asyiknya Berburu Makanan di PergiKuliner Festival Spesial September Ceria