bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita
Suasana Pasar Rebo Sindanglaya. (Foto M Rafli Ardiansyah)

Melongok Keunikan Pasar Rebo Sindanglaya, Hanya Buka Setiap Hari Rabu

BERITABAIK.ID - Pasar Rebo Sindanglaya merupakan salah satu pasar unik yang terletak di Jalan Moch Syahri, Sindang Jaya, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung. Keunikan pasar ini ialah hanya buka setiap hari Rabu.

Seperti pasar pada umumnya, para pedagang menjual berbagai macam jenis dagangannya, seperti sayuran, buah-buahan, jajanan pasar, pakaian, alat-alat rumah tangga hingga beberapa binatang seperti keong dan ikan cupang.

Salah satu keunikan pasar ini ialah pedagang yang berjualan menjajakan dagangannya di depan rumah-rumah warga sepanjang Jalan Moch Syahri.

Karena sebetulnya tempat yang dijadikan pasar ini merupakan permukiman warga dan jalan yang tidak terlalu besar.

Baca Juga : Ridwan Kamil Usul Mesin Pengolahan Sampah RDF Dihadirkan di Tiap Desa

“Sudah ada dari dulu jadi warga sekitar yang punya rumah juga gak terganggu, karena ada kesepakatan juga. Asal tertib sama beresnya bersih lagi”. Yana (44), seorang penjaga kebersihan pasar.

Kebanyakan dari penjual merupakan warga sekitar yang mebuka lapak sebagai tambahan. Di sekitaran pasar juga disediakan lahan parkir bagi para pengunjung yang membawa kendaraan.

Selain itu, karena keunikannya yang hanya ada setiap Rabu, banyak pedagang dari pasar lain yang sengaja membuka lapak di Pasar Rebo Sindanglaya.

“Saya aslinya jualan di pasar Uber, cuma kalau Rabu saya buka di sini, yang di sana dijaga suami. Alhamdulillah di sini lumayan untungnya karena mungkin cuma ada sehari seminggu sama tempatnya lebih ramai juga,” Sriyani (48), penjual Sayur.

Baca Juga : Mahasiswa Poltekpar NHI Bandung Ramaikan Festival Kuliner Keuken

Selain berbagai macam barang dan makanan, pasar ini juga menawarkan beberapa permainan bagi pengunjung yang mebawa anak kecil. Seperti, wahana kereta mini dan belajar melukis.

“Dari antapani sengaja ke sini karena dapet info dari tetangga di sini banyak yang jual baju murah, sekalian jalan pagi juga siapa tahu nemu yang dicari. Herni (30) pengunjung.

Bagi TemanBaik yang ingin berkunjung ke Pasar Rebo Sindanglaya, pasar ini beroperasi setiap Rabu dari pukul 06.30 sampai 11.00 pagi. ***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Ridwan Kamil Usul Mesin Pengolahan Sampah RDF Dihadirkan di Tiap Desa

Jelang Pemilu 2024, Ridwan Kamil Ajak Pemuda Tingkatkan Kualitas Demokrasi