bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
cerita
Kawasan Caringin Tilu. (Foto: M Rafli Ardiansyah)

Menikmati Indahnya City Light di Bandung dari Ketinggian Cartil

BERITABAIK.ID - Ingin menikmati pemandangan Kota Bandung dari ketinggian? Cobalah mampir ke kawasan Caringin Tilu atau Cartil.

Meskipun berada di wilayah Kabupaten Bandung, lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Bandung yakni Jalan Padasuka Atas.

Kawasan Cartil dapat ditempuh menggunakan sepeda motor dalam waktu 15 menit dan 30 menit menggunakan mobil dari arah Padasuka dan Cicaheum.

Cartil selalu menjadi pilihan wisata warga Bandung, terutama bagi pencinta foto yang mencari spot-spot indahnya pemandangan Kota Bandung dari ketinggian.

Baca Juga : Ridwan Kamil Apresiasi Sinergi Insan Pengayoman Kemenkumham Jabar

Untuk menikmati indahnya city light di Bandung dan hamparan pegunungan, pengunjung tentunya disarankan datang pada malam hari sambil menikmati fasilitas yang ada seperti, warung-warung, kafe hingga restoran.

Namun, TemanBaik yang ingin berkunjung ke Cartil harus berhati-hati. Sebab, akses jalannya menanjak curam dan tidak terlalu besar. Beberapa kondisi jalan yang tidak terlalu baik.

Sangat disarankan menggunakan kendaraan dengan penerangan yang baik karena sepanjang jalan minim penerangan.

Kawasan Cartil biasanya dipadati anak-anak muda pada malam hari, terutama hari libur dan Sabtu malam.

Baca Juga : The Vow with Hilton, Rinaldy Yunardi Pamerkan 35 Set Desain Tiara

“Ramainya sih dari sore menjelang malam biasanya apalagi kalau hari libur, kalau di warung sini sih paling banyak yang nongkrong ngopi sama makan mi. Kecuali kalau yang luar kota banyaknya pesen ayam atau ikan bakar,” kata Dini (38), seorang pemilik warung di kawasan Cartil.

Kawasan Cartil bisa TemanBaik kunjungi kapan saja. Selama 24 jam warung-warung dan beberapa kafe masih beroperasi.

Seorang pengunjung bernama Rifki (19) yang datang bersama pasangannya mengaku menikmati kunjungan di kawasan Cartil.

“Saya kalau ke sini sih jarang ,paling kalau lagi mau aja atau sama temen yang ngajak. Bosen juga kalau nongkrong atau main di tengah kota terus, sesekali pengin ngadem sambil ngopi santai terus liat-liat lampu kota,” ujar Rifki.

Baca Juga : Dari Penyanyi, YouTuber, hingga Tarot Reader, Ridwan Ajak Gali Potensi Diri

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di kawasan Cartil, terdapat beberapa vila dan Motel sekadar beristirahat sambil menikmati matahari terbit keesokan harinya.

Selain warung,kafé dan tempat menginap, tidak jauh dari kawasan Cartil terdapat tempat wisata lain, seperti, Bukit Moko dan Puncak Bintang.

TemanBaik yang tertarik melihat indahnya city light di Bandung sambil nongkrong dan bersantai di kawasan Cartil, jangan lupa gunakan pakaian hangat karena udaranya dingin loh.***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Melihat Keberagaman Seni Rupa lewat Pameran ‘Napak Tampak’

Tantangan Disrupsi di Depan Mata, Biro Kesra Jabar Ajak Santri Melek Digital