bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Ridwan Kamil saat menjadi inspektur upacara. (Foto: Humas Jabar)

Ridwan Kamil Jadi Inspektur Upacara HUT RI untuk Terakhir Kali

BERITABAIK.ID - Gubernur Jabar Ridwan Kamil menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-78 RI tingkat Jabar di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Kamis (17/8/2023).

Momen tersebut menjadi yang terakhir bagi Ridwan Kamil memimpin upacara kemerdekaan, sebab jabatannya sebagai Gubernur akan berakhir 5 September 2023.

Upacara yang dimulai pukul 9.30 Wib itu diawali dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh Paskibraka. Pengibaran bendara berjalan lancar dan diapresiasi langsung oleh Gubernur.

"Terima kasih kepada Paskibraka, nilainya 10 dari 10," ujar Ridwan Kamil dalam keterangan persnya..

Setelah mengheningkan cipta, Kapolda Jabar kemudian membacakan naskah Pancasila disusul pembacaan UUD 45 oleh Kajati Jabar dan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Jabar.

Ratusan warga yang berada di pinggir lapangan turut menyaksikan upacara dengan khidmat.

Berbeda dengan upacara peringatan HUT RI sebelumnya, tahun ini ada momen dentuman meriam dan sirine tepat pada detik-detik Proklamasi atau pukul 10.00 Wib.

Selama lima menit dentuman meriam terus ditembakkan ke udara sebagai simbol perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah dan meraih kemerdekaan.

Dalam amanatnya, Gubernur Ridwan Kamil menyampaikan makna dari peringatan kemerdekaan yang harus dipahami oleh masyarakat.

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan pencapaian Jabar selama lima tahun kepemimpinan bersama Uu Ruzhanul Ulum.

"78 tahun waktu yang panjang sejak merdeka, pengorbanan darah, air mata, nyawa dari para pendahulu kita sekarang kita wujudkan dalam prestasi," ujarnya.

Kang Emil -- sapaan akrab Ridwan Kamil -- mengatakan, selama lima tahun memimpin Jabar telah hadir 545 perubahan ke arah lebih baik di berbagai sektor. Indeks kondusivitas Jabar menunjukkan angka 87,5 yang artinya Jabar gemah ripah repeh rapih.

"Kita syukuri pencapaian-pencapaian Jabar 545 perubahan telah kita hadirkan yang ditandai dengan 545 penghargaan," kata Ridwan Kamil.

Bersama jajarannya, Kang Emil sudah bekerja keras menjadikan Jabar provinsi termaju di Indonesia dan merealisasikan seluruh janji politiknya.

Ia berharap masyarakat dapat mengapresiasi segala pencapaian positif dan akan mengevaluasi kekurangan oleh siapapun penggantinya nanti.

"Saya selama lima tahun sudah sangat luar biasa bekerja keras siang malam menghadirkan perubahan. Mohon hal-hal positif diapresiasi yang kurang tentu menjadi evaluasi dan saya titip juga nanti yang akan melanjutkan untuk menjaga keluarbiasaan Jabar ini dan menginovasikan hal baru sesuai dengan tantangan zaman," tutur Ridwan Kamil.

Upacara HUT ke - 78 RI tingkat Jabar itu juga dijadikan momentum berpamitan ke masyarakat.

Kang Emil yang berdiri di atas mimbar didampingi Wagub Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan maafnya kepada masyarakat bila dalam kepemimpinannya masih ada yang belum sesuai harapan.

"Kami mohon pamit, saya dan Pak Uu. Semoga warga Jabar berkenan menerima maaf jika ada kekurangan dan kami hadirkan perubahan signifikan selama lima tahun. Jabar juara lahir batin terbukti, terekam dan terasa," kata Ridwan Kamil.

Selesai peringatan upacara, Gubernur melepas ratusan pengendara vespa dan sepeda motor listrik untuk mengikuti kirab Merah Putih di Jalan Diponegoro.

Sore harinya Gubernur akan mengikuti upacara penurunan bendera di Istana Merdeka yang dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo.***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Ridwan Kamil Resmikan Alun-alun Edu Forest Setu Kabupaten Bekasi

2023 Ketan Bakar Lembang Berbentuk Miniatur Gedung Sate Cetak Rekor Muri