bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Konferensi pers rencana pendakian 17 gunung oleh 17 tim wanita pendaki. (Foto: Gin gin T Ginulur)

17 Tim Wanita Pendaki Siap Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Gunung

BERITABAIK.ID - Menyambut 78 tahun Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Eiger Adventure menyelenggarakan Ekspedisi 17.

Ekspedisi itu melibatkan 17 tim wanita pendaki yang akan melakukan perjalanan menuju 17 puncak gunung di Pulau Jawa.

Seluruhnya dilakukan serentak dengan tujuan mengibarkan Sang Saka Merah Putih di puncak 17 gunung pada 17 Agustus 2023.

Marketing General Manager Eiger Riadi Suwarno mendukung berbagai kegiatan positif luar ruang yang dilakukan oleh wanita-wanita di Indonesia.

“Masih dalam semangat hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023, Ekspedisi 17 yang diikuti oleh 17 tim wanita pendaki membawa misi untuk Kenali Negeri melalui keindahan gunung di Indonesia," kata Riadi.

Baca Juga : Menara Kujang Sapasang, Karya Monumental Lain Tangan Kreatif Ridwan Kamil

Lebih dari itu, lanjutnya, Ekspedisi 17 diharapkan dapat mengenalkan kearifan lokal masyarakat Indonesia, khususnya di kawasan kaki gunung di Indonesia.

Galih Donikara dari Eiger Adventure Service Team yang juga menjadi Penanggung Jawab Ekspedisi 17 mengatakan, Ekspedisi 17 menjadi sebuah gerakan untuk mendukung tim wanita pendaki bisa tetap berkarya dan melakukan perjalanan bahkan ekspedisi, tanpa perlu khawatir dengan berbagai batasan-batasan.

“Selama ini dalam dunia pendakian apalagi ekspedisi adalah hegemoni laki-laki, bahkan menjadi stereotip negatif kalau wanita ikut ekspedisi itu akan merepotkan. Eiger ingin memberikan ruang bahwa wanita itu bisa terlibat aktif dalam kegiatan di alam bebas,” ujar Galih.

Galih menambahkan, Ekspedisi 17 ini juga sebagai pembuktian bagi tim pendaki wanita yang baru saja mengikuti pembelajaran dan pembekalan mengenai ekspedisi saat Eiger Women Adventure Course Mei 2023 lalu.

“Sebelumnya 17 tim pendaki telah diberikan pengetahuan dan pembekalan saat Women Adventure Course yang diselenggarakan Eiger di Kaki Gunung Slamet, Mei 2023 kemarin," kata Galih.

Baca Juga : Semangat Hidupkan Kembali Pasar Cihapit lewat JAMU Pasar Vol.1

Setelah itu, lanjutnya, 17 tim wanita pendaki ini diberikan tantangan untuk melakukan ekspedisinya masing-masing, hingga terjadilah rangkaian cerita ini: Ekspedisi 17 tim pendaki wanita, di 17 gunung pada 17 Agustus 2023.

Pada 17 Agustus 2023 nanti, Ekspedisi 17 akan ditutup dengan mengibarkan bendera Merah Putih secara serentak di puncak 17 gunung. Upacara secara live streaming juga akan dilakukan dari Toko Eiger Jalan Sumatera, Braga, Kota Bandung.

Nantinya, mulai tanggal 17 Agustus hingga 19 Agustus 2023, akan diadakan pula Eiger Independence Sport Climbing Competition (EISCC) di Eiger Jalan Sumatera. Kompetisi panjat dinding yang rutin diselenggarakan EIGER setiap 17 Agustus.

“Ini merupakan EISCC yang ke-15 kalinya dan menjadi salah satu bentuk dukungan EIGER dalam memajukan kegiatan panjat dinding di Indonesia,” ungkap Heri Jaro (Kang Jaro) sebagai Ketua Pelaksana EISCC.***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Menara Kujang Sapasang, Karya Monumental Lain Tangan Kreatif Ridwan Kamil

Gerakan Pramuka Jawa Barat Terus Bawa Jabar Juara Lahir Batin