bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Menara Kujang Sapasang Sumedang. (Foto: Humas Jabar)

Menara Kujang Sapasang, Karya Monumental Lain Tangan Kreatif Ridwan Kamil

BERITABAIK.ID - Sejak awal pembangunannya, Bendungan Jatigede memantik kegelisahan warga Sumedang karena manfaat untuk pertanian lebih dinikmati daerah lain di sekitar Sumedang seperti Cirebon, Majalengka, dan Indramayu.

Sementara Sumedang, bisa dikatakan hanya jadi "penonton", atau sekadar jadi lokasi bendungan yang menenggelamkan 28 desa.

Atas kondisi ini, saat kunjungan kerja Gubernur Jabar Ridwan Kamil ke Jatigede tiga tahun lalu, Bupati Dony Ahmad Munir memberanikan diri meminta atensi untuk pengembangan Jatigede bagi warga Sumedang.

Tak disangka permintaan Bupati Dony dijawab langsung oleh Ridwan Kamil dengan membuat desain kasar Menara Kujang Sapasang.

Baca Juga : Gubernur Ridwan Kamil Resmikan Menara Kujang Sapasang

Proses pembuatan desain kasarnya pun sangat ikonik, karena Ridwan Kamil yang memang arsitek menggurat Menara Kujang Sapasang pada secarik kertas di atas punggung Kepala Satpol PP Sumedang Bambang Riyanto, kala itu.

Menara Kujang Sapasang ini berada dalam satu kawasan dengan Masjid Al Kamil yang dihubungkan dengan jembatan megah, dan menggambarkan antara nilai religi, budaya, dan teknologi.

Menara Kujang Sapasang jadi karya momumental lain dari tangan kreatif Ridwan Kamil. Sebelumnya semasa menjabat Gubernur Jabar, sudah banyak karya Ridwan Kamil di berbagai daerah Indonesia atas permintaan.

Delapan karya bahkan sudah mendunia seperti Masjid Kubah 99 Makassar, Masjid Syaikh 'Ajlin di Gaza Palestina, Marina Bay Waterfront Plan Singapura, Beijing Finance Street Tiongkok, Ningbo Newton Tiongkok, dan Museum Tsunami Aceh.***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Gubernur Ridwan Kamil Resmikan Menara Kujang Sapasang

17 Tim Wanita Pendaki Siap Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Gunung