bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Gubernur Jabar Ridwan Kamil melakukan tabur bunga di makam pahlawan pada HUT ke-62 Pramuka Jabar. (Foto: Humas Jabar)

Gerakan Pramuka Jawa Barat Terus Bawa Jabar Juara Lahir Batin

BERITABAIK.ID - Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan ucapan Selamat Hari Jadi Ke-62 Pramuka  untuk seluruh anggota Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia, khususnya Jawa Barat.

Hal itu disampaikan Gubernur Ridwan Kamil setelah melaksanakan upacara tabur bunga dalam rangka HUT ke-62 Pramuka Tahun 2023 Tingkat Provinsi Jabar di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Kota Bandung, Senin (14/8/2023).

Kegiatan diawali dengan penghormatan untuk pahlawan yang gugur, kemudian dilanjutkan dengan upacara dan peletakan karangan bunga.

Setelah upacara penghormatan, tabur bunga dilakukan di makam pahlawan yang semasa hidupnya mempunyai andil besar dalam kemajuan Gerakan Pramuka baik di tingkat Kwarda Jabar maupun tingkat nasional.

Makam tersebut masing-masing Letjen TNI (Purn) (HC) Mashudi, Letjen TNI (Purn) Himawan Soetanto, H. Aang Kunaefi, Yogie SM., dan RHA. Syamsudin.

"Menghaturkan Selamat Hari Jadi Ke-62 untuk Gerakan Pramuka Indonesia, salam cinta dan sayang, salam Pramuka untuk seluruh anggota Pramuka di Jawa Barat," kata Ridwan Kamil, dalam keterangan persnya.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil juga berpesan kepada Gerakan Pramuka Jabar ke depan untuk terus membawa Jabar juara lahir batin.

"Jadikan Pramuka Jabar semakin juara, yang akan membawa Jabar juara lahir batin," ungkapnya.

Sementara itu Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jabar Atalia Praratya Kamil mengemukakan, Pramuka Jabar harus tetap tangguh agar menjadi pemuda yang berkarakter dan mandiri.

"Pramuka Jabar harus tetap tangguh, mereka akan didukung dengan luar biasa oleh para pembimbing dan pembina agar menjadi anak muda yang berkarakter, mandiri, juga cinta negara," ungkapnya.

Atalia juga menyatakan akan mengaktifkan kembali gugus depan di setiap lembaga pendidikan hingga tingkat desa. 

"Untuk target jabatan saya sebagai Ketua Kwarda Jabar adalah reaktivasi gugus depan yang ada di sekolah, yang selama ini beberapa di antaranya mati suri," ujar Atalia.

"Sehingga kita pastikan di masa kepemimpinan saya seluruh gudep di sekolah-sekolah baik SD, SMP, SMA, dan SMK itu bisa aktif kembali," imbuhnya.

Dengan upaya tersebut Atalia berharap Pramuka Jabar memberikan pengaruh yang signifikan demi pembangunan bangsa Indonesia.

"Mohon doanya agar apa yang kami lakukan memberikan dampak signifikan bagi pembangunan bangsa ini dan menjadikan anak muda Indonesia, khusunya Jabar menjadi pemimpin masa depan yang siap untuk menghadapi tantangan," tuturnya.***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

17 Tim Wanita Pendaki Siap Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Gunung

Paskibraka, dari Fatmawati, Ajudan, hingga Para Pemuda yang Membanggakan