bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita

Keren! Pagelaran Angklung di Stadion GBK Pecahkan Rekor Dunia

BERITABAIK.ID - Kabar baik datang dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (5/8/2023) malam.

Pagelaran angklung yang diikuti 15.110 peserta berhasil memecahkan rekor dunia. Acara itu jadi pertunjukan angklung terbesar di dunia yang pernah dicatat Guinness World Record.

Sebelumnya, pertunjukan angklung terbesar dipecahkan di Amerika Serikat pada 2011 lalu dengan jumlah 5.182 peserta.

Dilansir dari laman resmi Presiden RI, dalam upaya pemecahan rekor tersebut, para peserta memainkan dua lagu, yakni lagu nasional “Berkibarlah Benderaku” dan lagu perdamaian dunia “The Wind of Change”.

Baca Juga : Nasi Gudeg Sari Nikmat Bu Iyem, Cita Rasa Terjaga Sejak Tahun 1970

Setiap instrumen hanya menghasilkan satu nada, sehingga setiap peserta menggoyangkan instrumennya pada isyarat tangan yang diberikan oleh konduktor di layar raksasa.

Penilai resmi Guinness World of Record, Sonia Usirogochi, dalam pengumuman hasil mengonfirmasi bahwa pemecahan rekor tersebut berhasil dilakukan dengan jumlah peserta 15.110 orang.

Para peserta terdiri atas anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), para pegawai negeri sipil dan Dharma Wanita Persatuan sejumlah kementerian/lembaga, TNI-Polri, organisasi wanita, sekolah kedinasan, pelajar, dan lain-lain.

Rekor dunia untuk pergelaran angklung terbesar sebelumnya tercipta di Monumen Washington, Washington D.C., Amerika Serikat, pada 9 Juli 2011 dengan melibatkan 5.182 peserta.

Baca Juga : Jokowi Sebut Jabar Juara Investasi, Ridwan Kamil Acungkan Jempol

“Saya dapat memastikan bahwa dengan 15.110 peserta Anda telah mencapai (pemecahan rekor),” ujar Penilai Resmi Guinness World of Record, Sonia Usirogochi membacakan hasilnya disambut riuh tepuk tangan seisi stadion.

Angklung, alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat, adalah kekayaan Indonesia yang sudah terdaftar dan diakui UNESCO sebagai warisan budaya nonbenda sejak tahun 2010.

Upaya pemecahan rekor tersebut diharapkan dapat membuat angklung terus bangkit, makin dicintai semua generasi, dan bergaung tidak hanya di daerah asalnya Jawa Barat dan Indonesia, tetapi di seluruh dunia.

Pagelaran angklung terbesar di dunia itu juga disaksikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Atas prakarsa Ibu Negara Ibu Iriana Joko Widodo, kita semua ada di sini. Sebanyak 15.240 orang peserta siap memecahkan rekor pergelaran angklung terbesar di dunia,” ucap Ketua Panitia Pergelaran Angklung, Ibu Tri Tito Karnavian dalam laporannya.

Ibu Tri menjelaskan bahwa upaya pemecahan rekor tersebut telah direncanakan sejak tahun lalu. Untuk mempersiapkan pergelaran akbar tersebut, para peserta juga telah berlatih selama tiga bulan.

“Kami bertekad ini jadi persembahan hadiah ulang tahun ke-78 Republik Indonesia tahun 2023,” ungkapnya.

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Nasi Gudeg Sari Nikmat Bu Iyem, Cita Rasa Terjaga Sejak Tahun 1970

Cerita Toto Perajin Wayang Golek, Bertahan di Tengah Gempuran Budaya Barat