bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Prawira Harum Bandung juara IBL 2023. (Foto: iblindonesia.com)

Akhir Penantian Panjang 25 Tahun, Prawira Harum Bandung Juara IBL 2023

BERITABAIK.ID - Berakhir sudah penantian panjang Prawira Harum Bandung selama 25 tahun setelah meraih gelar juara Indonesian Basketball League (IBL) 2023.

Di GOR C-Tra Arena, tim basket kebanggaan Kota Bandung itu sukses memenangkan laga final kedua melawan Pelita Jaya Bakrie 63-58, Sabtu 22 Juli 2023 malam.

Piala IBL 2023 dibawa legenda basket Bandung Firmansyah kepada Menpora Dito Ariotedjo untuk diserahkan kepada kapten tim Prawira, Reza Guntara.

Menpora didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih dan Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah.

Baca Juga : GM Dusun Bambu Ari Hermanto, Senang Bisa Membahagiakan Orang Lain

Dilansir dari situs resmi IBL, keberhasilan Prawira mengembalikan sejarah harum basket Bandung ketika terakhir kali Panasia Indosyntec menjadi juara nasional Indonesia. Kala itu, IBL masih bertajuk Kobatama pada tahun 1998.

Gelar juara kemudian tak bisa diraih lagi oleh tim asal Bandung. Terakhir, Garuda, jelmaan dari Panasia berhasil menembus babak final IBL pada tahun 2008, namun gagal di tangan Satria Muda.

Garuda kemudian bereinkarnasi menjadi Prawira berhasil memuncaki klasemen babak reguler. Di babak play offs mereka menyisihkan Bumi Borneo, kemudian mengalahkan Dewa United Banten, semuanya dalam dua pertandingan langsung.

Pada babak final, Prawira juga perkasa. Kehilangan pemain asing terbaik Brandone Francis karena ejected pada kuarter ketiga laga pertama melawan Pelita, tak membuat Prawira patah semangat. Di kandang lawan, Yudha Saputera dkk menang 74-65.

Baca Juga : Ridwan Kamil Apresiasi Inovasi Teknologi Produksi Pangan di Jawa Barat

Semangat dan kolektivitas Prawira terjaga pada gim kedua. Tetap tanpa Brandone Francis, Prawira memupuskan harapan Pelita yang juga rindu gelar juara.

Terakhir Pelita menjadi juara pada IBL 2017. Prawira membuat Bandung berpesta setelah menang 63-58

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyebut suksesnya IBL 2023 akan berdampak kepada seluruh ekosistem basket Indonesia.

Hal itu disampaikan Menpora Dito seusai menyaksikan laga final game kedua IBL 2023 antara Prawira Harum Bandung melawan Pelita Jaya Jakarta di GOR C-TRA Arena, Sabtu (22/7) malam.

Baca Juga : Tingkatkan Kenyamanan Pengunjung, Kawasan Braga Bakal Dipercantik Lagi

"Secara penyelenggaraan, saya kira IBL 2023 ini sudah sangat baik, apalagi paska pandemi Covid 19. Dan sistem home dan away ini terbukti bisa lebih mengangkat gairah ketika tim menjadi tuan rumah," katanya seperti dilansir dari website resmi kemenpora.

"Ini penantian selama 25 tahun, dan sekarang akhirnya Prawira Harum Bandung juara. Semoga ke depan gelar ini bisa dipertahankan," ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang ikut mendampingi Menpora Dito menyerahkan trophy juara IBL.***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Mercure Hadir di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah

Sekda Jabar: Nilai Keterbukaan Informasi Jawa Barat Naik