bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
VP Corporate Communication Telkom Indonesia Andri Herawan Sasoko.

Mulai 1 Juli 2023, Layanan Internet IndiHome Gabung dengan Jaringan Telkomsel

BERITABAIK.ID - PT Telkom Indonesia memastikan pelaksanaan migrasi IndiHome dengan Telkomsel bakal terealisasi per 1 Juli 2023. BUMN ini memastikan, meskipun terjadi migrasi, layanan kepada pelanggan tidak terganggu.

VP Corporate Communication Telkom Indonesia Andri Herawan Sasoko memastikan, migrasi ini tidak memengaruhi pelayanan. Selain itu, sebagian karyawan Telkom juga akan dipindahkan ke Telkomsel untuk menjaga kualitas layanan yang optimal.

"Kami akan menjaga kualitas layanan tetap terjamin. Tidak memengaruhi pelayanan pelanggan," jelas dia di Bandung, Jumat (9/6/2023) lalu.

Baca Juga : Ingin Punya Rumah dengan DP 0 Persen? Begini Caranya

Terkait harga, nantinya Telkom akan mengumumkan paket layanan baru yang merupakan bundling IndiHome dan Telkomsel.

Telkom memastikan bahwa perbedaan harganya tidak akan terlalu signifikan. Telkom menjaga agar tetap tetap kompetitif di pasaran dengan menawarkan banyak produk bundling.

"Harapannya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat pengguna layanan IndiHome dan Telkomsel, " katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, per 1 Juli 2023 mendatang, layanan internet rumah IndiHome, akan digabung dengan Telkomsel.

Sasoko menjelaskan bahwa Telkom akan memfokuskan diri pada pengembangan sektor bisnis ke bisnis (BtB), sementara IndiHome akan berfokus pada pasar bisnis ke konsumen (BtC).

Sasoko menyampaikan alasan di balik migrasi ini, yakni pertumbuhan pendapatan dalam sektor seluler yang mengalami tekanan.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya stagnasi, berbeda dengan situasi di luar negeri yang terus mengalami pertumbuhan.

Baca Juga : Bukan Sekadar Rasa dan Warna, Kecap Menyimpan Banyak Cerita

Di sisi lain, penggunaan data internet terus meningkat, namun pendapatan operator tetap stagnan. Pendapatan rata-rata per pengguna (ARPU) IndiHome juga mengalami penurunan, sementara konsumsi data terus meningkat.

Dalam rangka penggabungan ini, Telkom berencana untuk meluncurkan layanan FMC (Fixed Mobile Convergence), yang akan memberikan inovasi layanan bersama atau bundling kepada pelanggan. Misalnya, bagi kawasan yang sulit dijangkau oleh kabel serat optik, Telkomsel dapat menawarkan layanan melalui satelit.

Penggabungan ini juga diharapkan akan memberikan efisiensi dalam pengoperasian. "Karena capek menjadi satu," ungkap Sasoko.

Telkom berharap bahwa dengan penggabungan ini, pendapatan mereka akan mengalami peningkatan. Saat ini, IndiHome memiliki sekitar 9,4 juta pelanggan, sementara Telkomsel memiliki 170 juta pelanggan.

Diharapkan bahwa penggabungan ini akan membawa sharing market bagi kedua layanan, terutama karena jumlah pelanggan Telkomsel yang signifikan.

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Ingin Punya Rumah dengan DP 0 Persen? Begini Caranya

Libur Sekolah Segera Tiba, Yuk ke Galeri Rasulullah di Masjid Raya Al Jabbar!