bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Siswa SMPIT Al Fitrah Bandung meluncurkan buku Antologi Cerpen. (Foto: Istimewa)

Keren, Siswa SMPIT Al Fitrah Bandung Luncurkan Buku saat Acara Perpisahan

BERITABAIK.ID - Ini bukan acara perpisahan sekolah biasa. Tak hanya seremoni yang berlalu begitu saja, tapi ditandai dengan peluncuran sebuah karya.

Ya, di sela Graduation Day Class of 2023 SMPIT Al Fitrah Bandung, sebuah buku antologi cerpen berjudul 'Jurai Keajaiban' diluncurkan. Buku itu ditulis 48 siswa angkatan 4 SMPIT Al Fitrah yang mengikuti kegiatan perpisahan.

Bertemakan “Bersama Mengukir Prestasi Wujudkan Generasi Rabbani Berakhlak Qurani”, Graduation Day Class of 2023 SMPIT Al Fitrah Bandung berlangsung di Ballroom Hotel Ibis Bandung, Selasa 13 Juni 2023.

“Seperti yang diamanatkan Pramoedya Ananta Toer, orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah,” kata pembimbing penulisan buku yang juga guru Bahasa Indonesia Sofa Sari Miladiah, M.Pd.

Sofa mengatakan, penerbitan buku karya para siswa ini merupakan langkah nyata untuk menggelorakan literasi di sekolah.

Baca Juga : Libur Sekolah Segera Tiba, Yuk ke Galeri Rasulullah di Masjid Raya Al Jabbar!

Menurut dia, gencarnya arus informasi melalui gadget telah mengancam budaya baca dan tulis di kalangan siswa.

Anggota Dewan Pendidikan Kota Bandung terpilih ini menyebut, budaya membaca dan menulis adalah jawaban penting atas kemajuan teknologi.

Era media sosial yang tidak terkontrol ini harus dijawab dengan tingginya minat baca dan menulis yang baik dan benar dikalangan siswa.

“Para siswa kami yang mengikuti kegiatan pelepasan ini akan menjalani episode kehidupan baru. Mereka akan menempuh jenjang pendidikan berikutnya. Semoga budaya literasi yang kami tanamkan untuk para siswa bisa menjadi bekal mereka di kemudian hari,” jelasnya.

Baca Juga : Mulai 1 Juli 2023, Layanan Internet IndiHome Gabung dengan Jaringan Telkomsel

Kegiatan pelepasan siswa kelas XI tersebut merupakan agenda tahunan SMPIT Al Fitrah. Sepanjang acara terlihat raut wajah yang penuh suka cita dari seluruh undangan yang hadir.

Beberapa di antaranya tampak menuju spot photo booth dengan menunjukkan gaya andalan masing masing yang hasilnya dapat langsung dilihat dari print out foto yang diberikan.

Saat acara dimulai, para wisudawan berbaris menuju posisinya masing-masing untuk memasuki ruangan. Mereka berjalan beriringan dengan diantar langsung kepala sekolah dan dua wali kelas menuju tempat duduk.

Wakil Kepala bidang Kurikulum SMPIT Al Fitrah, Siti Hindun, M.Pd mengungkapkan rasa bangga yang tak terkira dari para orang tua dan yayasan atas lahirnya buku karya siswa ini.

“Semoga di tahun-tahun berikutnya dapat melahirkan karya-karya terbaik lainnya,” katanya.***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Libur Sekolah Segera Tiba, Yuk ke Galeri Rasulullah di Masjid Raya Al Jabbar!

Banyak Promo di Reunion Fest 2023, bank bjb Manjakan Pengguna DIGI atau DigiCash