bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Presiden Jokowi saat peluncuran logo IKN. (Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Desain 'Pohon Hayat' Karya Jebolan Itenas Bandung Jadi Logo Resmi IKN

BERITABAIK.ID - Pohon Hayat karya desainer asal Institut Teknologi Nasional (Itenas) Kota Bandung Aulia Akbar, terpilih menjadi logo resmi Ibu Kota Nusantara (IKN).

Peluncuran logo tersebut dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Jakarta Pusat, pada Selasa (30/5/2023) petang.

Pohon Hayat menjadi logo resmi IKN setelah dipilih oleh lebih dari 500.000 voters berdasarkan sayembara yang dilakukan secara daring.

Aulia Akbar beserta timnya, berhasil mengungguli sekitar 500 desainer lain dan berhak meraih hadiah sebesar Rp185 juta.

Baca Juga : ALL - Accor Live Limitless Bergabung di Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2023

Pohon Hayat dipresentasikan terbagi dalam tiga bagian. Bagian bawah berupa lima akar pohon yang melambangkan lima sila Pancasila.

Bagian tengah berupa tujuh batang yang melambangkan tujuh pulau besar di Indonesia. Bagian atas adalah 17 kembang mekar yang menjadi simbol tanggal kemerdekaan.

Menurut Aulia, desain tersebut mencerminkan falsafah Indonesia. Dia pun berharap logo tersebut melambangkan kemajuan Indonesia di masa depan.

Baca Juga : Kisah Jizun, Penggembala Kuda Asal Lombok yang Raih Gelar Doktor di Amerika

"Inspirasinya itu dari penelusuran kita tentang kebudayaan kita sendiri, dari Sabang sampai Merauke," kata Aulia di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (30/5).

Sementara itu, Presiden Jokowi berharap logo ini menjadi semangat percepatan pembangunan IKN. Selain itu, dia juga berharap IKN menjadi sumber kehidupan masyarakat selayaknya Pohon Hayat.

"Ini Pohon Hayat, pohon kehidupan dan kita semua berharap logo ini menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semua yang jadi sumber kehidupan masyarakat Indonesia nantinya," ucap Jokowi seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

ALL - Accor Live Limitless Bergabung di Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2023

27 Perempuan Berprestasi Terima Penghargaan dari Pemprov Jabar