bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Indonesia berhasil meraih emas sepak bola SEA Games 2023. (Foto: pssi.org)

Tuntaskan Penantian 32 Tahun, Indonesia Raih Emas Sepak Bola SEA Games!

BERITABAIK.ID - Penantian panjang Indonesia di cabang sepak bola SEA Games berakhir. Setelah 32 tahun paceklik emas, Indonesia berhasil meraih juara di cabang sepak bola SEA Games 2023.

Kepastian ini diperoleh setelah Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 di final yang berlangsung di Stadion Olimpiade Phnom Penh, Selasa (16/5/2023).

Dua gol Timnas U-22 diborong Ramadan Sananta di babak pertama. Pada babak kedua, Indonesia sempat kebobolan oleh Thailand lewat aksi Anan Yodsangwal.

Thailand menyamakan skor di masa injury time menjadi 2-2, lewat gol Yotsakon Burapha sehingga laga berlanjut ke babak tambahan.

Baca Juga : Ridwan Kamil Inspeksi Pengaspalan Jalan Provinsi di Bandung Barat

Indonesia mencetak gol ketiga lewat sontekan Irfan Jauhari. Fajar Fathur Rachman dan Beckham Putra ikutan mencatatkan namanya di papan skor.

Dilansir laman PSSI, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengucap syukur karena Indonesia bisa membayar utang sejarah meraih emas SEA Games yang terakhir kali diraih pada 32 tahun silam.

"Alhamdulillah, penantian kita selama 32 tahun untuk menyaksikan tim sepak bola Indonesia juara terwujud hari ini. Terima kasih kepada seluruh pemain, pelatih, dan ofisial. Kami persembahkan emas ini bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Erick seusai laga final, Selasa (16/5).

Erick memberi apresiasi atas seluruh keringat, kerja keras, hingga pengorbanan yang dilakukan oleh skuat tim U-22. Mulai dari pemain, pelatih, hingga staf beserta ofisial.

Menurut Erick ini adalah bukti Indonesia adalah bangsa tangguh dan mampu bekerja sama demi satu tujuan.

Baca Juga : Pariwisata Jabar Makin Variatif, Warga Punya Banyak Alternatif Berlibur

"Hari ini anak-anak Indonesia yang umumnya masih berusia di bawah 22 tahun membuktikan bahwa kita adalah bangsa tangguh, pekerja keras, dan mampu bekerja sama untuk menjadi yang terbaik," ujar Erick.

Seusai laga Erick pun langsung melapor ke Presiden Jokowi. Erick berterima kasih pada Presiden Jokowi yang secara total mendukung penuh tim U-22 sejak awal.

"Terima kasih bapak Presiden. Ini adalah misi yang memang sejak awal pak Presiden sangat serius mendorong agar sepak bola Indonesia bisa berprestasi. Alhamdulillah akhirnya misi dan penantian juara terwujud hari ini," kata Erick.

Erick mengaku terharu melihat bagaimana para pemain jatuh bangun dan tak mengenal lelah sepanjang laga.

Menurutnya Indonesia telah dibuat bangga oleh perjuangan, pengorbanan, dan keteguhan mental pemain hingga pluit akhir.

"Ini adalah kebanggaan seluruh rakyat Indonesia. Hari ini kita satu, mulai dari penonton di stadion hingga seluruh rakyat pelosok Indonesia yang menyaksikan di layar kaca menyatu bersama pemain di atas lapangan. Satu doa, satu harapan, dan satu kebahagiaan," ujar Erick.***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Atalia Ridwan Kamil Ikut Fashion Show HUT Dekranas

Indonesia Raih Emas Sepak Bola SEA Games, Ridwan Kamil: Menegangkan!