bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Ilustrasi. (Foto: pontstar.co.id)

Hari Buruh 2023, Momen Rajut Kebersamaan Pekerja, Pengusaha, dan Pemerintah

BERITABAIK.ID - Hari ini, Senin 1 Mei 2023, buruh di seluruh dunia menyambut May Day atau Hari Buruh Sedunia.

Dikutip dari laman International Labour Organization (ILO), Senin (1/5/2023), tema Hari Buruh Internasional 2023 adalah World Day for Safety and Health at Work 2023 atau Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia 2023.

International Labour Conference (ILC) memutuskan untuk memasukkan "lingkungan kerja yang aman dan sehat" ke dalam kerangka prinsip dan hak dasar ILO di tempat kerja.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, buruh merupakan salah satu masyarakat yang berperan sebagai penggerak ekonomi pasca pandemi Covid-19.

"Pandemi global telah melandai, perekonomian pun bergerak lagi. Bersama para pekerja yang telah bergiat sejak pagi, kita membangun usaha, membahagiakan keluarga, dan memajukan bangsa," tulis Jokowi melalui unggahan di akun Instagram pribadinya @Jokowi, dikutip Senin (1/5/2023).

"Dengan kerja keras dan terampil, hidup kita hari ini akan lebih baik dari hari kemarin," tambahnya.

"Selamat Hari Buruh Internasional," demikian tertulis pada unggahan foto iustrasi oleh Presiden di Instagram.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, dapat menjadi momentum untuk semua pihak, mulai dari pemerintah, pekerja, sampai pengusaha, untuk mempererat kebersamaan.

"Selamat Hari Buruh Internasional, May Day, 1 Mei 2023. Di momen yang luar biasa, di hari yang fitri ini kita terus merajut kebersamaan antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah, dengan hubungan industrial yang harmonis," ucapnya yang disampaikan dalam pesan video.

Menurut Ridwan Kamil, kebersamaan yang harmonis antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah  bisa mewujudkan harapan semua pihak.

"Yaitu pekerja yang sejahtera, pengusaha yang maju, dan Indonesia juara," kata Kang Emil.***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

1.000 Content Creator Jadi Duta Pariwisata Jabar

Yuk Ikutan bjb Beruntung dan Segera Buka Tabungan bjb Tandamata Purnabakti