bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Ilustrasi masakan Indonesia. ( Robert Biesewig/Pixabay)

Waspada Diare saat Ramadan, Jangan Sering Panaskan Makanan!

BERITABAIK.ID - Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Umat Islam di seluruh dunia pun kini tengah bersiap menghadapi puasa.

Untuk mempersiapkan Ramadan dengan fisik yang lebih baik, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Anhar Hadian mengimbau agar masyarakat Kota Bandung meningkatkan daya tahan tubuh.

"Apalagi sekarang cuaca tidak menentu. Kadang hujan besar, kadang panas. Kuncinya meningkatkan daya tahan tubuh. Kalau tidak, kita mudah terserang beragam penyakit," ujar Anhar, Senin 20 Maret 2023 di Pendopo Kota Bandung.

Menurutnya, salah satu penyakit yang sering diidap pada musim pancaroba adalah flu dan diare. Bahkan, ada potensi seperti DBD yang juga harus diwaspadai.

Baca Juga : Jelang Puasa, Wagub Uu Ajak Masyarakat Jaga Kesucian Ramadan

Selain itu, Anhar mengimbau warga berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Sebab pada bulan puasa justru makanan akan semakin berlimpah.

"Akhirnya makanan itu tidak dibuang, tapi disimpan dan dihangatkan berkali-kali. Sampai sebetulnya sudah tidak boleh lagi dikonsumsi karena sudah rusak makanannya, vitaminnya juga sudah tidak ada. Malah sudah ada bakteri yang bisa menyebabkan penyakit," kata Anhar dalam keterangan persnya.

Sebab, biasanya warga merasa sayang untuk membuang makanan yang tersisa. Padahal secara kualitas sudah 'rusak' dan tidak layak makan.

"Jangan menumpuk makanan berlebihan. Kemudian jangan konsumsi makanan yang sudah 'rusak'. Sebagian jenis makanan ada yang aman untuk ditaruh di kulkas. Tapi, tetap ada batas kedaluwarsanya," imbaunya.

Baca Juga : Akhir Tahun 2023, Unpad Bakal Punya Rumah Sakit Pendidikan

Selain itu, terkait kondisi Covid-19 di Kota Bandung saat ini, Anhar mengatakan, kasus Covid-19 sudah sangat melandai. Semua indikatornya pun melandai. Rumah sakit juga sudah hampir kosong.

"Penyintasnya pun tidak ada yang sampai sakit parah. Hanya sedang atau ringan. Malah sebagian besar itu ringan. Jadi, masyarakat sudah boleh buka bersama," imbuhnya. ***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Jelang Puasa, Wagub Uu Ajak Masyarakat Jaga Kesucian Ramadan

Hari Kebahagiaan Internasional, Yuk Tanamkan Benih Baik di Lingkungan Sekitar