bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum memberikan tausiyah sambut Ramadan. (Foto: Humas Jabar)

Jelang Puasa, Wagub Uu Ajak Masyarakat Jaga Kesucian Ramadan

BERITABAIK.ID - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengajak umat Islam mengisi bulan Ramadan 1444 Hijriah dengan kegiatan ukhrowi atau yang bersifat mengingat akhirat.

"Bulan Ramadan agar banyak diisi kegiatan yang bersifat religius seperti salat berjemaah, salat tarawih, baca Al Qur'an di setiap masjid, kultum subuh termasuk juga dengan kegiatan yang menambah amalan pahala lainnya," ujar Uu Ruzhanul Ulum.

Panglima Santri Jabar juga mengingatkan masyarakat agar menjaga kesucian bulan Ramadan.

"Jangan sampai (Ramadan) dinodai kegiatan yang bertentangan dengan agama," kata Uu saat memberikan tausiyah pada acara Sambut Ramadan dan Imtihan Al Qur'an di Pondok Pesantren Al Muhajirin, Gantar, Kabupaten Indramayu, Minggu (19/3/2023).

Baca Juga : Akhir Tahun 2023, Unpad Bakal Punya Rumah Sakit Pendidikan

Dengan banyak amalan, kata Uu, umat Islam yang menjalankan dengan ikhlas dan hati bersih insyaallah akan mendapat keberkahan dan kemulian Ramadan.

"Harapan saya ada sedikit penurunan frekuensi kegiatan - kegiatan yang bersifat duniawi dan tingkatkan kegiatan yang bersifat ukhrowi. Harus dibarengi ulama, kiai, dan ajengan," sebut Uu dalam keterangan persnya.

Pak Uu juga mengajak warga menjaga persatuan dan kesatuan. "Dengan itu Jabar bisa aman dan damai, dengan itu Jabar bisa membangun," pungkas Uu.

Menurut perhitungan, Ramadan 1444 Hijriah atau 2023 masehi akan datang pekan depan, dan penentuan tanggal 1 Ramadan ditentukan melalui sidang isbat pemerintah. ***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Akhir Tahun 2023, Unpad Bakal Punya Rumah Sakit Pendidikan

Waspada Diare saat Ramadan, Jangan Sering Panaskan Makanan!