bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menerima kunjungan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Lee Sang-deok. (Foto: Pipin Sauri/Biro Adpim Jabar)

Ridwan Kamil Tawarkan Peluang Investasi kepada Korea Selatan

BERITABAIK.ID - Gubernur Jabar Ridwan Kamil menawarkan tujuh arah ekonomi baru di Jabar kepada Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Lee Sang-deok saat berkunjung ke Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (28/2/2023).

Tujuh arah ekonomi baru pasca Covid-19 tersebut bisa menjadi peluang bagi investor dari Korea Selatan untuk berinvestasi di Jabar.

"Ada tujuh ekonomi baru pasca Covid-19 yang akan jadi fokus Jabar, mudah-mudahan bisa dimanfaatkan oleh pengusaha Korea Selatan," ujar Ridwan Kamil dalam keterangan persnya.

Ketujuh ekonomi baru tersebut, yakni peningkatan investasi, sektor ketahanan pangan, peningkatan kualitas layanan kesehatan, peningkatan aspek manufaktur berbasis revolusi industri 4.0, ekonomi digital, ekonomi hijau, dan penguatan pariwisata lokal.

Baca Juga : Risa Vibia, Belajar Mengenal Diri lewat Seni Merangkai Bunga

"Khusus untuk investasi kami akan membangun 13 kota industri baru di kawasan Metropolitan Rebana yang akan jadi pusat pertumbuhan baru di utara Jabar," tutur Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Dalam pertemuan tersebut, Kang Emil mengatakan, perekonomian Jabar saat ini dalam kondisi yang baik.

Realisasi investasi Jabar sepanjang tahun 2022 saja mencapai Rp174,6 triliun dan Korea Selatan merupakan negara keempat terbesar nilai investasinya di Jabar.

"Ekonomi Jabar sedang baik dan 60 persen industri nasional ada di Jabar. Korea Selatan masuk di empat besar dengan nilai yang investasinya terbesar," sebut Kang Emil.

Ia kemudian memberikan buku panduan peluang investasi di Jabar kepada Lee Sang-deok yang bisa dimanfaatkan oleh investor Korea Selatan.

Baca Juga : Cerita dari Kebun Seni Tamansari, Memutar Kenangan lewat Layar Tancap

Dalam waktu dekat Kang Emil juga akan melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan untuk menjalin kerja sama dengan beberapa provinsi dan membujuk pengusaha agar mau berinvestasi di Jabar.

"Saya akan ke Korea Selatan, pekan depan, ada kerja sama dengan beberapa provinsi dan membujuk pengusaha di sana agar datang ke Jabar," sebut Kang Emil.

Dubes Korea Selatan untuk Indonesia Lee Sang-deok merespons positif terhadap peluang berinvestasi di Jabar.

Ia akan menawarkan tujuh arah ekonomi baru dan keuntungan berinvestasi di Jabar kepada para pengusaha di Korea Selatan.

"Tujuh ekonomi baru Jabar saya kira bisa dijajaki kerja samanya oleh Pemerintah Provinsi Chungnam dan para pengusahanya," kata Lee Sang-deok.

Baca Juga : Teguh Pribadi, Sosok Kreatif di Balik Konten Menarik Kang Emil

Selain membahas peluang investasi, kedatangan Lee Sang-deok ke rumah dinas Gubernur Jabar itu juga untuk memperkenalkan diri dan menjaga hubungan baik. Ia baru saja menjabat Dubes Korea Selatan untuk Indonesia sejak 4 Januari 2023.

"Jabar sangat penting bagi Korea Selatan karena itu hubungannya harus tetap dijaga dengan baik," ucap Lee. ***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Risa Vibia, Belajar Mengenal Diri lewat Seni Merangkai Bunga

Serunya Murid-murid Purwa Caraka Musik Studio Tampil di Halaman Gedung Sate