bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
Ilustrasi buah-buahan penambah darah.

Akrab dengan Kita, 8 Buah Ini Punya Khasiat Penambah Darah

 

BERITABAIK.ID - Asupan makanan yang kita konsumsi setiap harinya berperan penting dalam proses produksi sel dalam tubuh, salah satunya sel darah merah.

Ya, mungkin kita sama-sama tahu jika produksi sel darah merah, maka yang terjadi adalah kamu bisa mengalami anemia.

Beberapa sumber menganjurkan kamu mengonsumsi obat penambah darah untuk membuat proses produksi sel darah merahmu kembali stabil.

Di samping itu, kamu juga bisa mengonsumsi beberapa buah yang dapat menambah asupan sel darah merah di dalam tubuhmu.

Selain familiar, bisa jadi, buah ini merupakan favoritmu. Simak daftar buah-buahan di bawah ini, yuk!

1. Apel

Rekomendasi buah penambah darah yang pertama adalah apel. Apel memiliki kandungan zat besi yang apabila dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan risiko anemia.

Baca Juga: Food Blogger Hendri Aditya, Semangat Berbagi, Tebar Inspirasi Kebaikan

Tak hanya itu, apel juga mengandung antioksidan, flavonoid, serta serat yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan di dalam tubuh.

Agar terasa lebih lezat dan menyegarkan, kamu bisa mengolah buah apel menjadi salad buah bersama dengan buah-buahan segar lainnya.

2. Pisang 

Boleh jadi kamu mengenal pisang sebagai salah satu makanan untuk menjaga kesehatan jantung karena memiliki kandungan kalium yang tinggi.

Nyatanya, buah pisang juga memiliki kandungan zat besi tinggi sehingga bermanfaat untuk mengoptimalkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Selain itu, pisang juga menjadi jenis buah penambah darah yang aman untuk lambung dan sistem pencernaan karena memiliki tekstur lembut serta mengandung serat tinggi.

3. Stroberi

Stroberi diketahui mengandung vitamin C yang tinggi sehingga bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia.

Baca Juga: Tambah Lagi, 8 Produk UMKM Kota Bandung Hadir di Uniqlo

Selain itu, buah yang identik dengan warna merah ini juga mengandung antioksidan tinggi yang turut melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas, salah satunya adalah sel darah merah, sehingga tidak mudah rusak dan mengalami kematian.

Perlu diketahui, stroberi cenderung mudah busuk apabila tidak disimpan dengan benar. Maka dari itu, kamu disarankan untuk menyimpan buah stroberi pada wadah yang tertutup dan terpisah dengan bahan pangan lainnya.

4. Anggur

Meski berukuran kecil, anggur ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah membantu pembentukan sel darah merah. 

Hal ini dikarenakan anggur mengandung asam folat serta vitamin A yang tinggi. 

Selain itu, anggur juga memiliki khasiat dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut karena buah ini kaya akan vitamin E.

Baca Juga: Pisang Goreng Dipilih Menjadi Makanan Penutup Terenak Nomor 1 di Dunia

5. Semangka

Semangka adalah buah yang mengandung zat besi tinggi sehingga bermanfaat dalam meningkatkan kadar hemoglobin di dalam tubuh.

Di dalam semangka juga terdapat kandungan vitamin C yang mengoptimalkan penyerapan zat besi untuk produksi hemoglobin.

6. Alpukat

Alpukat direkomendasikan sebagai buah penambah darah karena mengandung asam folat, vitamin C, vitamin E, serta vitamin K yang tinggi. Kandungan tersebut mampu membantu tubuh untuk membentuk sel darah merah dengan optimal.

Alpukat juga mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi sehingga cocok dikonsumsi sebagai buah penambah darah untuk ibu hamil guna mendukung proses perkembangan bayi dalam janin.

7. Buah Naga

Penderita anemia sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi, seperti buah naga. Pasalnya, buah naga merah diketahui memiliki beberapa kandungan yang mendukung proses produksi sel darah merah, seperti zat besi, asam folat, dan vitamin C.

Baca Juga: Manfaat Positif Makan Siang Bersama Rekan Kerja

Buah naga bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi smoothie bowl yang lezat.

Caranya cukup mudah, lumatkan potongan buah naga dan yogurt pada blender. Kemudian, tuangkan smoothie buah naga tersebut pada mangkuk.

8. Mangga

Mangga merupakan salah satu buah favorit banyak orang karena memiliki rasa yang manis dan segar. Menariknya, buah ini juga memiliki khasiat sebagai penambah darah.

Ya, mangga diketahui mengandung asam folat serta vitamin C tinggi yang berperan dalam pembentukan hemoglobin. Selain itu, kandungan vitamin C dalam mangga juga baik untuk kesehatan tubuh lainnya, seperti menjaga sistem imun hingga mengatasi peradangan.

Kamu bisa mengolah mangga sebagai jus buah penambah darah yang segar dikonsumsi di siang hari.

Itu dia sederet jenis buah penambah darah yang baik untuk dikonsumsi secara rutin. Coba sebutkan, yang mana buah favoritmu? **

Editor : Marshal Deru Bumi

PALA Nusantara, Kekayaan Budaya dalam Sebuah Jam Tangan

Food Blogger Hendri Aditya, Semangat Berbagi, Tebar Inspirasi Kebaikan