bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Musik
Barasuara yang baru saja melepas single 'Merayakan Fana'.

‘Merayakan Fana’ lewat Sentuhan Orkestra di Single Terbaru Barasuara

 

BERITABAIK.ID - Barasuara kembali dengan single baru berjudul ‘Merayakan Fana’. Lagu ini membuka babak selanjutnya perjalanan meraka pasca album kedua ‘Pikiran dan Perjalanan’

Lewat keterangan resminya, Barasuara menyebu lagu ini spesial karena dibiarkan bertumbuh sesuai dengan kebutuhan. Rancangan lagu ini terus berkembang seiring perjalanan waktu.

“Komposisinya lumayan berkembang dari hari pertama kita workshop. Kayak tumbuh terus dan akhirnya untuk jadi lebih komplitnya makan waktu lama. Pas sudah jalan pun, tiba-tiba kepikiran pakai orkestra,” beber Gerald Situmorang.

Satu hal istimewa dalam single ini adalah keterlibatan musisi Erwin Gutawa dalam sisi orkestra. Para personel Barasuara mengklaim hadirnya lagu ini merupakan salah satu contoh jika Barasuara yang kita kenal bersama hari ini, adalah Barasuara yang terus berkembang.

Baca Juga: Manfaat Positif Makan Siang Bersama Rekan Kerja

“Dari segi musikalnya, yang sekarang ada adalah kumulatif dari perjalanan 10 tahun kami sebagai band. Kami sudah tahu mesti isi apa di dalam sebuah komposisi,” sambung Gerald tentang kondisi Barasuara hari ini.

Proses kreatif pembuatan lagu ini sudah dimulai sejak 2021, di mana para personel Barasuara mengadakan workshop selama sepekan.

Dari hasil workshop tersebut, lahirlah beberapa bagian lagu yang kemudian berproses untuk disempurnakan dan lahir sebagai ‘Merayakan Fana’.

Secara musikal, ‘Merayakan Fana’ terdengar lebih kompleks dan rumit ketimbang karya-karya Barasuara sebelumnya. Secara lirik pun, mereka memilih padanan kata yang terkesan filosofis.

Baca Juga: The Panturas Bawa Album ‘Ombak Banyu Asmara’ Melintasi Khatulistiwa

Perlu lebih lama untuk mengenal ini sebagai lagu Barasuara. Namun berterima kasihlah pada karakter vokal Iga Massardi dan dua vokal latar yang menjejak.

Aspek lain yang sudah pasti membedakan ialah hadirnya sentuhan orkestra dari Erwin Gutawa Orchestra. ‘Merayakan Fana’ terasa bergitu ‘penuh’ dan ‘sesak’, namun tetap menarik untuk sama-sama dinikmati.

TemanBaik, saat ini kamu sudah mendengarkan single baru Barasuara ‘Merayakan Fana’ lewat berbagai layanan pemutar musik digital. **

Editor : Marshal Deru Bumi

Catat! Bakal Ada 5 Pertunjukan Healteater di Salihara

Manfaat Positif Makan Siang Bersama Rekan Kerja