bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Gaya Hidup
Ilustrasi makan siang.

Jangan Dilewatkan! Ini Manfaat Makan Siang untuk Tubuhmu

 

BERITABAIK.ID - Menjalani segala aktivitas di hari yang cukup sibuk kadang membuat kita melupakan jam makan siang. Padahal, makan siang itu sendiri bermanfaat untuk tubuh loh!

Melupakan makan siang biasanya diawali dari menunda makan dan memilih tetap melanjutkan pekerjaan. Padahal, sudah masuk jam makan siang.

Meski kelihatannya sepele, melewatkan makan siang berarti menyia-nyiakan manfaat kesehatan yang seharusnya kamu dapatkan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah berbagai manfaat makan siang yang perlu kamu ketahui.

1. Melancarkan Aktivitas

Tubuhmu cenderung aktif melakukan berbagai kegiatan dari pagi hingga sore hari. Meski begitu, tingkat energi biasanya akan menurun ketika memasuki siang hari.

Tanpa makan siang, tubuh tidak bertenaga, konsentrasi menurun, dan ujungnya kamu menjadi tidak begitu produktif.

Baca Juga: Kisah Zoo Keeper, Merawat Hewan Sepenuh Hati, dari 'Asia' hingga 'Afrika'

Jika kamu seorang pekerja, hal tersebut tentu bisa menurunkan performa kerja. Bisa jadi pekerjaan yang harusnya selesai tepat waktu, malah membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan.

Sementara bagi anak dan remaja, hal tersebut bisa membuat mereka tidak bisa konsentrasi saat belajar. Hal ini bisa berdampak pada prestasinya akedemiknya.

Itulah sebabnya, semua orang membutuhkan makan siang agar aktivitas tidak terhambat.

2. Menyediakan Energi 

Tubuhmu membutuhkan energi untuk dapat beraktivitas sepanjang hari. Nah, pembentukan energi dalam tubuhmu berasal dari makanan dan minuman. 

Untuk melakukan aktivitas pagi hari, tubuh mendapatkan asupan energi dari sarapan pagi.

Sarapan yang porsinya tidak banyak, menyediakan energi yang terbatas sehingga kamu perlu kembali makan di siang hari.

Jadi, dapat disimpulkan jika makan siang memberimu energi baru untuk melanjutkan aktivitas.

Baca Juga: Belajar Tentang Lingkungan lewat Pameran Seni 'Parabhose'

Tanpa makan siang, energi di dalam tubuh bisa terkuras habis. Alhasil, tubuh jadi tidak bertenaga dan efeknya kamu tidak dapat melakukan aktivitas di siang hari dengan optimal.

3. Mencegah dan Menurunkan Risiko Penyakit 

Selain memberikan energi, makan siang juga bisa memberikan manfaat berupa perlindungan dari berbagai penyakit. 

Ya, buat kamu yang memiliki masalah asam lambung, seperti gastritis atau GERD, melewatkan makan siang bisa memicu kemunculan gejala.

Keluhan bisa berupa perut mulas, perut kembung, mual, atau sakit ketika menelan karena perut kosong memicu asam lambung melukai lapisan lambung maupun naik ke atas mengiritasi kerongkongan.

Kemunculan gejala tersebut tentu bisa mengganggu aktivitasmu di kemudian hari.

4. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Bagi orang yang sehat, jam makan teratur termasuk makan siang tepat waktu bisa membantu menjaga berat badan dan menurunkan risiko obesitas.

Alasannya, makan tepat waktu membuat nafsu makan stabil sehingga kamu tidak makan berlebihan. Sebaliknya, jika melewatkan makan siang, perut jadi cepat lapar.

Baca Juga: Nikmatnya Jus Ramah Lingkungan di Akkar Juice Bar Yogyakarta

Kondisi ini membuat nafsu makan sangat tinggi dan memungkinkan kita akan lebih banyak dari porsi biasanya. 

Jika kebiasaan makan terlalu banyak ini terus dilakukan, kenaikan berat badan bisa terjadi dan risiko obesitas semakin meningkat.

5. Mencukupi Asupan Gizi

Tubuh kita setiap harinya membutuhkan berbagai zat gizi, seperti karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin dan mineral. 

Semua zat gizi tersebut didapatkan tentunya dari makanan dan minuman. Namun, ini umumnya tidak cukup dipenuhi lewat sarapan pagi atau makan malam, sehingga bisa dipenuhi dengan makan siang.

Nantinya, tubuh akan menggunakan zat gizi tersebut untuk banyak hal, seperti bernapas, mencerna makanan, hingga meningkatkan sistem imun.

Sebaliknya, jika kamu sering kali melewatkan makan siang, bisa jadi akan timbul masalah. Tubuh bisa kekurangan karbohidrat secara mendadak bisa memicu sembelit, kram otot, dan sakit kepala.

6. Mendukung Perkembangan Anak

Kegunaan makan siang untuk tubuh tidak cuma penting untuk orang dewasa yang bekerja atau lansia yang ingin senantiasa sehat hidupnya, tapi juga untuk anak-anak. 

Baca Juga: Sepele Tapi Luar Biasa, Ini Manfaat Istirahat Akhir Pekan bagi Tubuhmu

Ini karena mereka yang masih dalam masa tumbuh kembang, memerlukan banyak zat gizi, salah satunya protein dan karbohidrat.

Nah, kebutuhan protein dan karbohidrat yang tinggi ini umumnya tidak bisa tercukupi lewat sarapan dan makan malam saja.

Si Kecil juga perlu makan siang untuk mencukupi kebutuhan zat gizi tersebut. Apalagi, jika anak cukup aktif dalam berkegiatan di sekolah maupun di rumah.

Sebagai orangtua, kita sebaiknya menyiapkan bekal makan siang anak. Selain lebih terjamin kebersihannya, pilihan makanannya pun jauh lebih sehat.

TemanBaik, sudah siapkan makan siangmu hari ini? Coba sebutkan menu favorit makan siangmu dong! **

 

Editor : Marshal Deru Bumi

‘Bukan Manusia’, Kisah Hubungan Beracun dalam Single Baru Marion Jola

Kisah Zoo Keeper, Merawat Hewan Sepenuh Hati, dari 'Asia' hingga 'Afrika'