bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Gaya Hidup
Ilustrasi beristirahat.

Sepele Tapi Luar Biasa, Ini Manfaat Istirahat Akhir Pekan bagi Tubuhmu

 

BERITABAIK.ID - Punya segudang aktivitas cepat atau lambat membuatmu merasa kelelahan. Bagi beberapa orang, akhir pekan menjadi salah satu momen terbaik untuk beristirahat dan melepas penat.

Bebrapa sumber menyebut istirahat di akhir minggu dari segala aktivitas dan rutinitas pekerjaanmu itu ternyata penting. Salah satu efek dari istirahat yang baik ialah dapat memulihkan tubuhmu, dan membuatnya kembal fit untuk beraktivitas lagi seminggu kedepan.

Penasaran apa saja manfaat istirahat di akhir pekan untuk tubuhmu? Simak ulasannya, yuk!

1. Meningkatkan Imun 

Hari-hari kerjamu mungkin akan terasa berat suatu saat. Itu dapat menjadi penyebab stres secara kronis yang memungkinkan menurunkan sistem imun tubuhmu. 

Kamu dapat beristirahat pada hari sabtu dan minggu tanpa perlu memikirkan pekerjaanmu, dan dapat terhindar dari stres karenanya.

Baca Juga: bank bjb Jalin Kerja Sama dengan Yayasan Kartika Eka Paksi

Selain itu, kamu juga dapat memperbaiki imun tubuhmu dengan berolahraga 2-4 jam, juga tidur dengan baik. 

2. Meningkatkan Kesehatan Mental

Istirahat tak hanya baik bagi tubuhmu saja, itu juga dapat memulihkan energi mentalmu jika kamu melakukannya dengan baik. 

Beberapa studi menyatakan bahwa mereka yang tidak dapat melepaskan diri dari pekerjaan pada waktu senggang mengalami peningkatan kelelahan selama kurang lebih satu tahun.

Mereka juga dikatakan kurang tangguh ketika berhadapan dengan kondisi pekerjaan yang penuh tekanan.

Jika kamu dapat beristirahat dengan tenang dan menikmatinya. Itu berarti energi mentalmu dipulihkan dengan baik selama berakhir pekan.

3. Mengembalikan Fokus Bekerja

Menurut data dari University of Illinois di 2008 menunjukkan bahwa jika kamu bekerja secara terus-menerus tanpa waktu bermain, hal tersebut dapat menurunkan tingkat fokusmu.

Baca Juga: Sabar dan Konsisten, Ini 5 Cara Jitu Membiasakan Anak Salat

Namun, jika kamu beristirahat di tengah aktivitas pekerjaanmu, ternyata itu dapat meningkatkan fokusmu.

Sehingga kamu punya tingkat fokus yang baik ketika kembali bekerja di awal minggu setelah beristirahat di akhir pekan. 

4. Meningkatkan Kreativitas

Kamu merasa perlu meningkatkan tingkat kreativitasmu dalam bekerja? Jika begitu salah satu cara yang dapat kamu lakukan ialah dengan beristirahat di akhir pekan. 

Waktu istirahat yang berkualitas dapat menciptakan sumber daya energetik dalam pekerjaanmu. Waktu reflektif juga sangat penting karena dapat membantumu menemukan solusi dan terobosan kreatif.

Terlebih lagi, kamu takkan bisa menemukan terobosan-terobosan kreatif jika pikiranmu dipenuhi urusan-urusan rumit yang perlu kamu selesaikan.

Empat hal sederhana ini jadi modal penting buat kamu menjalani hari sepekan ke depan. Jadi, jangan sepelekan manfaat istirahat ini untuk kebaikan tubuhmu, ya! **

Editor : Marshal Deru Bumi

Nikmatnya Jus Ramah Lingkungan di Akkar Juice Bar Yogyakarta

bank bjb Jalin Kerja Sama dengan Yayasan Kartika Eka Paksi