bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Gaya Hidup
Bacaan doa dan niat mandi wajib salat idulfitri

Sabar dan Konsisten, Ini 5 Cara Jitu Membiasakan Anak Salat

 

BERITABAIK.ID - Salat merupakan kewajiban bagi seluruh umat Muslim. Sejak kecil, ibadah ini sudah sering diajarkan oleh orang tua.

Dalam proses mengenalkan salat pada anak, tak jarang kita sebagai orang tua pun mengalami kesulitan dan kendalanya sendiri. Mulai dari menerangkan hingga membiasakan agar si Kecil konsisten mendidikannya.

Melansir dari berbagai sumber, cara-cara ini bisa kita lakukan untuk mengajarkan dan membiasakan anak untuk mendirikan salat. Simak ulasannya, yuk!

1. Menjadi Contoh Kedisiplinan

Cara yang pertama ialah dengan menjadi contoh bagi mereka dengan disiplin mendirikan salat.

Perlu diketahui, usia anak-anak merupakan masa di mana mereka sangat lekat dalam mengamati dan meniru tingkah laku dari orang tuanya.

Baca Juga: Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Yuk Biasakan Bangun Pagi!

Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak pernah malas dalam memberi contoh yang baik kepada anak-anaknya. Jangan sampai menyuruh si Kecil salat, tetapi kita masih asyik di depan TV, ya!

2. Beri Pemahaman

Memberi pengertian terhadap anak usia dini memang tidak semudah dengan memberikan pengertian terhadap orang dewasa. Salah satunya harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi.

Kita juga dituntut menggunakan teknik yang tepat dalam memberikan pengertian dan pengarahan kepada mereka mengenai bagaimana pentingnya salat bagi umat muslim. Salah satunya dengan cara kontak mata.

Dengan kontak mata, diharapkan anak  dapat lebih memerhatikan kita saat memberikan pemahaman. Usahakan agar menjelaskannya ketika kita melihat sang anak mulai malas mendirikan salat.

Saat memberikan pemahaman, kita bisa menceritakan kisah-kisah ringan yang berkaitan dengan salat. Gunakan mainan sebagai media dalam mengajarkan anak salat. 

3. Konsisten Ajak Anak Salat

Ketika seorang anak mulai bisa membedakan mana yang kanan dan mana kiri, artinya otak anak tersebut sudah cukup berkembang dan saat itulah waktu yang tepat untuk mulai mengajarinya salat secara konsisten.

Baca Juga: ‘Derisik’, Suara Tak Berwujud ala Colderra

Jika pada kenyataannya si Kecil sudah malas salat sedari dini, maka langkah selanjutnya ialah dengan mengajaknya salat bersama-sama atau berjamaah di masjid bagi anak laki-laki.

Anak akan dengan mudah meniru setiap gerakan salat dari Papa dan Mamanya atau imam di masjid. Hal ini juga memiliki beberapa tujuan seperti mengajari anak-anak untuk cerdas sosial dan berbaur dengan masyarakat yang terutama dengan sesama kaum muslimin.

Selain itu anak-anak juga bisa mengenal ulama maupun ustaz di lingkungannya.

4. Kontrol dengan Cara yang Cermat

Orangtua pasti bahagia memiliki anak yang menegakkan disiplin salat. Namun terkadang mereka melakukannya sesuai mood.

Nah, ketika sudah seperti itu maka orangtua perlu mengontrol atau mengawasi kegiatan salatnya.

Orangtua juga tidak perlu memarahinya jika sang anak lupa mengerjakan sholat. Tegurlah dengan cara yang baik dan perlahan.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Tubuh

Melalui pengawasan yang cermat, diharapkan sang anak akan terbiasa dan tak akan menentang atau mengabaikan arahan dari orangtuanya.

5. Beri Pujian dan Semangat

Anak yang rajin salat merupakan kabar gembira bagi setiap orangtua. Namun sayangnya, pada keseharian si Kecil sudah malas mendirikan salat.

Langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan ialah memberi motivasi dan menyemangatinya. Kemudian jangan lupa memberi mereka sanjungan.

Pujian merupakan bentuk penghargaan dari usaha sang anak setelah berusaha keras melakukan tindakan terpuji, karena ketika orangtua memuji itu artinya telah mengakui apa yang dilakukannya. Pengakuan inilah akan memberi rasa puas dan senang dalam hati si Kecil.

Lakukanlah variasi saat memuji seperti mengajukan jempol, tepuk tangan, memberi hadiah, mengajak ke tempat wisata dan lain-lain.

TemanBaik, tantangan membiasakan anak mendirikan salat memang tak mudah. Yuk, jaga semangat kita agar buah hati kita tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi! **

Editor : Marshal Deru Bumi

Mudah Diakses, Ini 6 Rekomendasi Tempat Wisata Dekat Stasiun Kereta

Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Yuk Biasakan Bangun Pagi!