bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Kesehatan
Ilustrasi lambung.

Ini 6 Tips Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Menyerangmu

 

BERITABAIK.ID - TemanBaik, kamu sudah tahu belum? Penyakit asam lambung dapat memicu dampak serius pada tubuh.

Perlu diketahui juga, asam lambung adalah asam yang terdiri dari kalium klorida, natrium klorida, dan asam klorida yang berfungsi mencerna makanan dan enzim pencernaan untuk memecah protein.

Asam lambung bersifat korosif sehingga dapat membunuh bakteri dan juga berisiko merusak lapisan pelindung lambung.

Normalnya, pH asam lambung berkisar antara 1 – 3. Bila lambung menghasilkan jumlah asam yang terlalu banyak, gangguan lambung pun terjadi.

Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan aliran balik asam lambung atau asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui pertolongan pertama saat asam lambung naik, terlebih jika memiliki riwayat penyakit asam lambung. Kondisi ini tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, tetapi juga dapat memburuk bila dibiarkan tanpa penanganan.

Berbagai sumber menyebut, ada berbagai langkah pertolongan pertama yang perlu diketahui. Langkah ini dapat dilakukan ketika tidak mempunyai obat-obatan ketika gejala asam lambung naik muncul. Pertolongan pertama ini bisa mengurangi rasa tidak nyaman yang muncul.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain:

1. Melonggarkan Pakaian yang Dikenakan

Saat asam lambung naik, dianjurkan untuk mengendurkan ikat pinggang atau melepas kancing celana yang digunakan. Ini karena salah satu pemicu asam lambung naik adalah tekanan pada perut akibat dari penggunaan pakaian atau celana yang terlalu ketat.

Baca Juga: Terinspirasi dari Kisah Nyata, Musisi Farrell Ferdio Luncurkan Single 'Stay'

2. Tegakkan Posisi Duduk

Jika asam lambung naik saat sedang berbaring, cobalah untuk bangun dan duduk tegak. Postur tubuh yang tegak bisa mengurangi tekanan pada katup antara kerongkongan dan lambung, sehingga menghentikan naiknya asam lambung.

3. Tinggikan Posisi Kepala

Apabila naiknya asam lambung terjadi saat malam atau saat waktu tidur tiba, tidurlah dengan posisi kepala lebih tinggi. Bila perlu, sangga bagian pinggang dengan bantal agar posisi tidur membentuk sudut 30–45 derajat. Posisi tidur seperti ini bisa meringankan rasa tidak nyaman yang dirasakan.

4. Konsumsi Minuman yang Mengandung Jahe

Jahe diketahui mengandung asam fenolik yang diduga mampu meredakan iritasi pada saluran cerna dan mencegah naiknya asam lambung.

Nah, kandungan zat antiradang di dalam jahe pun dapat meredakan mual yang biasanya juga muncul saat asam lambung naik.

5. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet bisa meredakan gejala asam lambung naik, sebab gerakan mengunyah bisa membuat produksi air liur meningkat dan membuatmu menelannya lebih banyak.

Baca Juga: Telkom Serahkan Bantuan bagi Pondok Pesantren Yatim dan Dhuafa

Tindakan ini bisa mengencerkan dan membersihkan asam lambung di kerongkongan, sehingga gejala asam lambung membaik.

6. Konsumsi Madu

Konsumsi madu dapat meringankan gejala asam lambung naik, karena kandungan di dalamnya mampu melindungi dinding kerongkongan dari iritasi, bahkan mengurangi peradangan.

Kamu bisa mendapatkan manfaat madu ini dengan cara mengonsumsi 1 sendok teh madu secara langsung atau bisa juga mencampurnya ke dalam air hangat atau teh.

Selain hal di atas, langkah lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi asam lambung naik adalah mengubah kebiasaan makan dan memperhatikan pola makan sehat seperti menghindari makanan dengan tinggi lemak dan pedas.

Selain itu, hindari juga makan dengan porsi banyak, makan terlalu cepat, dan tidur setelah makan.

Hal yang juga tak kalah penting antara lain mengontrol berat badan, berhenti merokok, berhenti mengonsumsi minuman beralkohol, dan melakukan olahraga secara rutin. **

Editor : Marshal Deru Bumi

6 Olahraga Ini Cocok untuk Pengidap Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Terinspirasi dari Kisah Nyata, Musisi Farrell Ferdio Luncurkan Single 'Stay'