bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Gaya Hidup
Ilustrasi mengantre.

Yuk, Tanamkan Kebiasaan Baik Mengantre pada Anak dengan Cara Ini!

 

BERITABAIK.ID - TemanBaik, mengantre adalah salah satu #KebiasaanBaik yang perlu ditanamkan sejak dini pada anak.

Ya, anak-anak yang belum memahami konsep antre dengan benar bisa diberikan pemahaman bahwa antre memberikan banyak keuntungan dan keunggulan.

Beberapa sumber menyebut pentingnya budaya mengantre antara lain mengajarkan anak untuk bisa melakukan manajemen waktu, melatih kesabaran untuk menunggu jika anak mendapatkan antrean yang paling belakang, serta Mengajarkan tentang tenggang rasa dan saling menghormati di antara orang lain.

Tiga hal sederhana ini bisa kamu coba saat melatih kebiasaan anak dalam mengantre. Simak ulasannya, ya!

1. Melatih dengan Permainan

Upaya kita melatih anak untuk terbiasa dengan kegiatan mengantre dapat disiasati dengan melakukan permainan. Kamu bisa menggunakan media tali sebagai alat bantu.

Baca Juga: Rakornas Kepala Daerah, Hindari Macet Ridwan Kamil Berlari Pakai PDH

Caranya dengan merentangkan tali, kemudian meminta anak untuk berjalan mengikuti lajur tali yang dibentangkan.

Kamu dapat memberikan stiker sebagai penanda lain sebagai titik berhenti. 

Libatkan semua anggota keluarga agar permainan semakin seru dilakukan. Dari sini, kamu memberikan pelajaran tentang mengantre dengan cara yang menyenangkan dan mudah diterima oleh anak.

2. Beri Contoh Nyata

Anak akan lebih menyadari saran dan nasihat yang berbentuk contoh dan teladan langsung dari orang tua dibandingkan omongan, teguran, atau hal-hal yang bersifat menyuruh.

Hampir semua orang tidak suka diperintah. Maka, jika kamu ingin mengajarkan budaya antre pada anak, maka berikan contoh terbaik dalam kehidupan sehari-hari misalnya dengan: mengantre saat membayar barang belanjaan, mengantre dengan nomor antrean di ruang publik seperti bank, rumah sakit, apotek, atau lainnya, tidak menyerobot antrean orang lain meski sedang terdesak, serta menerapkan budaya antre sejak dari rumah.

Baca Juga: 5 Orang Ini Sebaiknya Menggunakan Asuransi, Kamu Salah Satunya?

Diharapkan semua pihak turut berkontribusi dengan baik agar anak semakin terbiasa.

3. Beri Penghargaan Pada Si Kecil

Meski tidak wajib, memberikan reward atau hadiah ketika Si Kecil berhasil melakukan sesuatu yang luar biasa, tentu akan membuatnya gembira. Reward tersebut adalah bentuk penghargaan dan apresiasi pada proses dan hasil yang telah dilakukan sang buah hati.

Pemberian reward juga bisa disepakati bersama. Kamu bisa memberikan kejutan kecil berupa barang atau sesuatu yang sangat diinginkan oleh anak. Hal ini akan membuatnya termotivasi agar bisa mengembangkan dirinya lebih baik lagi.

Beberapa tips mengajarkan budaya antre pada anak tersebut dipraktikkan perlahan bersama buah hati tercinta.

Untuk diketahui pula, kebiasaaan sebuah pola pengasuhan dalam penanaman adab atau tata laku yang baik seperti antre memang harus bertahap, karena mendidik tidak bisa mendadak. Kita perlu telaten, sabar, dan terus menerus. Memang tak mudah, tapi bukan mustahil untuk dilakukan.

Selamat mencoba, TemanBaik!**

Editor : Marshal Deru Bumi

Sering Diabaikan, Ini Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kaki

Rakornas Kepala Daerah, Hindari Macet Ridwan Kamil Berlari Pakai PDH