bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Kesehatan
Ilustrasi bagian tubuh kaki.

Sering Diabaikan, Ini Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kaki

 

BERITABAIK.ID - Kaki merupakan salah satu organ tubuh yang tak kalah penting untuk dijaga kesehatannya. Meski tampak sepele, namun melewatkan hal ini juga bisa berdampak buruk loh!

Jika kamu tidak menjaga kesehatan kaki dengan baik, ada beberapa gangguan kesehatan yang mengintai, mulai dari permasalah kulit kaki kering, kaki pecah-pecah, munculnya kutil, cantengan, hingga infeksi jamur kuku.

Sepintas, gangguan kesehatan tersebut memang terlihat sepele. Namun, jika terus dibiarkan dan tidak mendapatkan perawatan yang tepat, kesehatan tubuhmu dapat turut terpengaruhi, begitu pun dengan kenyamanan saat beraktivitas.

Untuk mengurangi risiko tersebut, kamu perlu menjaga kesehatan kaki dengan baik, yaitu dengan menerapkan cara merawat kesehatan kaki berikut. Simak ulasannya!

1. Menjaga Kebersihan

Cara paling simpel dalam mejaga kesehatan kaki adalah membersihkan kaki secara rutin. Kamu harus membersihkan kaki dan sela-sela jari-jari kaki menggunakan sabun dan air hangat setiap habis beraktivitas. Setelah kaki dibersihkan, keringkan menggunakan handuk secara lembut.

Baca Juga: Yuk, Tanamkan Kebiasaan Baik Mengantre pada Anak dengan Cara Ini!

2. Oleskan Pelembap

Setelah kaki selesai dibersihkan dan kembali kering, jangan lupa juga untuk mengoleskan pelembap atau losion ke kaki, agar kelembapannya tetap terjaga. Jika kulit kakimu kering atau pecah-pecah, kamu bisa mengoleskan pelembap yang mengandung petroleum jelly.

3. Memijat Kaki

Ingin memanjakan diri tapi tetap membawa dampak positif bagi kesehatan? Memijat kaki dapat menjadi salah satu jawabannya. Meskipun terkesan sepele, pijatan pada kaki bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi ketegangan otot kaki. 

Kamu bisa melakukan pijat kaki di rumah, ataupun menggunakan bantuan tenaga ahli, seperti pijat refleksi.

Jika melakukan pijat kaki sendiri di rumah menggunakan minyak esensial atau losion favoritmu. Selain itu, kamu juga bisa memilih minyak esensial dengan aroma yang disukai, karena aroma dari minyak esensial juga bisa membantu meredakan stres.

4. Gunakan Sepatu yang Nyaman

Menggunakan sepatu yang nyaman dan sesuai dengan ukuran kaki dapat menjaga peredaran darah di kaki tetap lancar. Disarankan untuk membeli sepatu pada sore hari, karena ukuran kaki pada saat itu cenderung lebih besar sehingga ukuran sepatu yang dipilih tidak kekecilan dan akan nyaman digunakan sepanjang hari.

Baca Juga: Sebaiknya Waspada, Ini 9 Ciri Kolesterol Tinggi pada Tubuh

Untuk menghindari iritasi pada kulit kaki, pastikan juga sepatu yang kamu gunakan memiliki sol yang tebal, dengan bagian atas terbuat dari bahan yang lembut. 

Kemudian agar tidak mengalami bau kaki, jangan lupa untuk rutin mengganti kaos kaki, terutama jika menggunakan sepatu tertutup.

5. Potong Kuku Secara Berkala

Untuk menjaga kesehatan kaki, kamu juga perlu merawat kuku kaki dengan benar. Caranya tidak sulit. Kamu hanya perlu menggunting kuku secara teratur atau saat kamu mulai merasa tidak nyaman dengan kuku kaki yang mulai memanjang.

Perlu dicatat juga! Hindari memotong kuku kaki hingga terlalu pendek atau terlalu dekat dengan lengkung kuku, karena hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya cantengan.

6. Lakukan Peregangan

Kamu juga perlu untuk melakukan peregangan kaki secara rutin guna mengurangi nyeri kaki, sehingga kesehatan kaki lebih terjaga secara menyeluruh.

Cara sederhana meregangkan kaki adalah dengan duduk di kursi, lalu rentangkan semua jari kakimu senyaman mungkin. Kemudian, tahan selama 5 detik dan ulangi 10 kali.

Baca Juga: Mengintip Kreativitas Mas Danang Olah Sampah Jadi Batako

Jika di rumahmu ada kelereng, manfaatkan kelereng tersebut untuk peregangan. Caranya dengan duduk di kursi, kemudian letakkan kelereng dan wadah kecil di depan jari kakimu. Ambil kelereng menggunakan jari-jari kaki lalu masukkan kelereng tersebut ke dalam wadah yang telah tersedia.

Sebelum melakukan peregangan kaki, kamu disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan yang bisa dilakukan salah satunya adalah berjalan mengelilingi rumah selama beberapa menit.

Selain melakukan hal di atas, kamu juga perlu untuk menerapkan gaya hidup sehat dan berolahraga secara rutin. Ini penting untuk diperhatikan karena apa yang kamu makan turut berkontribusi terhadap kesehatan kakimu. **

Editor : Marshal Deru Bumi

Pullman Bandung Grand Central Hadirkan 'Bountiful Chinese New Year’s Eve Buffet Dinner'

Yuk, Tanamkan Kebiasaan Baik Mengantre pada Anak dengan Cara Ini!