bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Gaya Hidup
Ilustrasi finansial.

5 Orang Ini Sebaiknya Menggunakan Asuransi, Kamu Salah Satunya?

 

BERITABAIK.ID - Saat ini kesadaran seseorang menggunakan asuransi relatif meningkat karena banyaknya sosialisasi dan edukasi.

Berbagai keuntungan dari penggunaan asuransi mulai dirasakan. Misalnya saat seseorang mengalami satu kejadian tak terduga yang terkadang meninggalkan kewajiban bagi keluarga yang ditinggalkannya untuk mengurus beberapa hal yang tidak sempat dibereskan sebelumnya.

Tanpa asuransi, boleh jadi hal ini akan menjadi beban bagi keluarga terutama bila hal tersebut berkaitan dengan dana yang jumlahnya tidak sedikit.

Nah, sebenarnya, siapa saja sih yang perlu menggunakan asuransi? Apakah kamu salah satu di antaranya? Melansir dari berbagai sumber, di bawah ini adalah kategori orang yang sebaiknya menggunakan asuransi.

Simak ulasannya, yuk! Siapa tahu kamu masuk salah satu di antaranya.

1. Masih Lajang dan Berusia Muda 

Ketika kamu masih lajang, mungkin orang yang akan kamu bantu secara rutin adalah keluarga dan orang tua. Untuk melindungi  diri sendiri da. orang-orang terdekatmu dari kejadian tak terduga, kamu perlu menggunakan asuransi jiwa untuk menjamin dan memastikan semua tanggunganmu dilunasi.

Baca Juga: Mengintip Kreativitas Mas Danang Olah Sampah Jadi Batako

2. Pasangan muda 

Untuk melindungi keluarga kecilmu dari kebutuhan di tahun-tahun mendatang yang mungkin jauh akan lebih mahal, membeli asuransi jiwa sedini mungkin akan memberimu keuntungan dari segi premi yang lebih murah atau harganya lebih rendah dibandingkan dengan tahun-tahun berikutnya.

Di samping itu, pembiayaan premi per bulan masih diperingan dengan keadaan pasangan muda yang belum mempunyai anak sehingga tanggungan biaya hanya untuk dua orang saja.

3. Keluarga Muda dan Mapan

Selain pasangan muda yang belum memiliki anak, keluarga muda dan mapan juga disarankan perlu memiliki asuransi jiwa. Hal ini akan menghindarkanmu dari penelantaran keluarga yang tanggungannya sangat bergantung pada penghasilanmu sebagai kontributor utama.

Jumlah pertanggungan ini juga sangat tergantung dari perkiraan biaya hidup tanggungan yang ditinggalkan disamping besarnya penghasilan penanggung. 

4. Pasangan Bekerja Tanpa Anak 

Meskipun kamu dan pasangan belum memiliki tanggungan anak, namun meninggalkan pasangan sendiri tanpa penghasilan mungkin akan memberatkan pasanganmu.

Baca Juga: Kredit UMKM Harus Ditingkatkan, Ridwan Kamil: 2023 Tahun Adaptasi bjb

Jika kamu memiliki penghasilan dan berkontribusi terhadap kebutuhan hidup pasangan dan tidak ingin meninggalkan pasangan dengan keuangan yang tidak mapan, asuransi jiwa bisa dijadikan jawaban yang cukup membantumu.

5. Keluarga Usia Pensiun

Ketika memasuki usia pensiun dan anak-anak atau tertanggungmu sudah tidak lagi menjadi tanggungan lagi, tidak memiliki asuransi jiwa mungkin masih bisa dilakukan. 

Tapi beda halnya jika kamu memasuki usia pensiun namun masih memiliki tanggungan, baik itu anak maupun keluarga lainnya. 

Untuk menjamin kehidupan mereka, maka disarankan memiliki asuransi jiwa. Tetapi kamu perlu memperhitungkan untung ruginya karena biasanya biaya premi di usia yang mulai memasuki masa pensiun cukup besar dan mahal. **

Editor : Marshal Deru Bumi

Sebaiknya Waspada, Ini 9 Ciri Kolesterol Tinggi pada Tubuh

Mengintip Kreativitas Mas Danang Olah Sampah Jadi Batako