bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Kesehatan
Ilustrasi segelas air putih.

Ini Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur untuk Kesehatan

BERITABAIK.ID - Salah satu #KebiasaanBaik yang dianjurkan saat bangun tidur adalah minum air putih. Ya, ada sejumlah manfaat yang bisa didapat tubuh kita saat membiasakannya.

Merangkum dari beberapa sumber, air merupakan zat penting yang menyusun 50% hingga 60% komposisi tubuhmu. Di dalam tubuh, air memiliki beragam fungsi, mulai dari melancarkan pencernaan, menjaga keseimbangan suhu tubuh, hingga membantu ginjal untuk membersihkan kotoran dari dalam tubuh.

Seluruh organ tubuh memerlukan air untuk dapat berfungsi dengan baik. Itulah sebabnya, kamu harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih. Nah, salah satu waktu yang sangat baik untuk minum air putih adalah setelah bangun tidur.

Lebih lanjut lagi, masih ada beberapa manfaat luar minum air putih saat bangun tidur. Simak pembahasannya yuk!

1. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Salah satu manfaat minum air putih setelah bangun tidur adalah membantu mengeluarkan racun sisa metabolisme di malam hari dari dalam tubuh. Racun tersebut nantinya akan dikeluarkan melalui urine.

Baca Juga: Penuh Filosofi, Ini Makna Rangkaian Imlek di Kota Bandung

2. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Minum air putih setelah bangun tidur dapat membantu menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi dengan baik. Bahkan, kebiasaan ini diyakini dapat mencegah munculnya jerawat dan menjaga kulit tetap lembap.

3. Mengendalikan Keinginan Makan

Setelah bangun tidur, beberapa mungkin sering merasa lapar. Hal ini wajar, karena lambung kita berada dalam keadaan kosong sepanjang malam. Meski begitu, rasa lapar ini dapat mendorong seseorang untuk makan terlalu banyak saat sarapan.

Nah, konsumsi air putih setelah bangun tidur dapat membantumu mengendalikan keinginan untuk makan berlebihan. Ini karena minum air putih bisa mengisi lambung dan meregang dinding lambung, sehingga memberikan efek kenyang.

4. Meningkatkan Produktivitas

Minum air putih setelah bangun tidur dapat meningkatkan energi dan membuat tubuh terasa segar. Dengan begitu, kamu bisa lebih produktif. Namun ingat, kamu juga perlu asupan kalori sebagai sumber tenaga, dengan mengonsumsi makanan yang bergizi saat sarapan.

Baca Juga: Adopsi Kripto Diprediksi akan Tumbuh Pesat pada Tahun 2023

Selain itu, agar tubuh tetap segar sepanjang hari, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari. Bila tubuh terhidrasi dengan baik, kamu dapat lebih fokus dan lebih mudah berkonsentrasi, sehingga produktivitas kerjamu juga akan meningkat.

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Minum air putih setelah bangun tidur juga diklaim mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Beberapa ahli bahkan meyakini bahwa kebiasaan ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Wah, meski terlihat sederhana, namun manfaat dari kebiasaan kecil ini besar juga, ya. Kalau begitu, yuk biasakan lagi minum air putih saat bangun tidur. Supaya kita sama-sama sehat! **

Editor : Marshal Deru Bumi

Merekam Jejak Bara dan Hilda, Duet Duta Baca Kota Bandung 2022

Penuh Filosofi, Ini Makna Rangkaian Imlek di Kota Bandung