bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Kesehatan
Ilustrasi Rambut Wanita.

Ini 5 Tips Ampuh Usir Ketombe yang Menganggu Kulit Kepalamu

BERITABAIK.ID - Salah satu kesehatan kulit kepala yang banyak ditemui ialah masalah ketombe. Selain mengganggu penampilan, masalah kesehatan kulit kepala ini juga bisa mengganggu aktivitasmu.

Masalah ketombe biasanya disertai rasa gatal, tumbuh sisik-sisik kulit yang mengelupas, dan serpihan warna putih yang menempel di baju dengan warna gelap. Tentu, level kerenmu akan turun kalau sudah begini.

Perlu diketahui, ketombe merupakan salah satu bentuk dari dermatitis (Seborrheic dermatitis). Ketombe berawal dari pori-pori kulit kepala yang rentan dengan perkembangan jamur, bakteri, atau mikroba berlebih. Biasanya ketombe terjadi pada orang yang memiliki kulit kepala berminyak.

Jamur dan mikroba pada kulit sebenarnya tidak akan mengganggu dalam kondisi wajar. Namun, jika kondisi tertentu muncul, jerawat, ketombe, dan masalah kulit lain bisa saja muncul.

Baca Juga: Penting! Ajarkan Anak 5 Hal Mendasar ini Saat Masa Tumbuh Kembang

Merangkum dari berbagai sumber, Beritabaik.id punya beberapa tips untuk kamu yang sedang berjuang keras membasmi ketombe. Yuk, kita bahas ulasannya!

1.  Pilih Sampo untuk Mengatasi Ketombe

Kondisi kulit kepala akibat ketombe tentu membutuhkan perawatan khusus mulai dari jenis sampo yang dipakai sehari-hari. Sampo antiketombe memang diformulasikan dengan bahan yang bisa menyingkirkan jamur maupun strain bakteri. 

2.  Ubah Pola Makan Sehari-Hari

Apa yang kamu makan setiap hari berperan besar dalam kesehatan kulit. Nutrisi yang buruk memengaruhi kesehatan kulit kepala.

Penggemar makanan manis? Sering makan karbo? Mulai kurangi, ya! Itu terutama jika kulit kepala kamu rentan berketombe. Makanan berminyak juga termasuk jenis yang memengaruhi kesehatan kulit kepala. Minyak memproduksi sebum semakin banyak, menambah tumpukan sisik kulit semakin bermunculan.

Baca Juga: Hikapel, Melon Mirip Apel yang Lahir dari 'Keluhan Emak-emak'

Ganti pola makanan dengan menu yang sehat. Perbanyak sayuran hijau maupun buah-buahan yang kaya vitamin C, vitamin E, dan mineral untuk kulit kepala dan rambut lebih sehat.

3.  Eksfoliasi Kulit Kepala secara Menyeluruh

Begitu pentingnya kebersihan sehingga mencuci rambut dan kulit kepala, secara menyeluruh harus rutin dilakukan. Kamu perlu secara teratur melakukan eksfoliasi kulit kepala dengan lembut untuk membuang lapisan terluar kulit kepala.

Lapisan permukaan kulit ini banyak mengandung sel-sel kulit mati, kotoran, sebum, dan kulit kering. Karena itu, kamu perlu membersihkannya secara mendalam untuk meminimalkan pertumbuhan mikroba. Dengan cara ini, ketombe bisa dihilangkan sehingga kulit kepala terasa bersih dan segar.

4.  Sunflower Seed Oil untuk Regenerasi Kulit dan Anti-Inflamasi

Cold-pressed sunflower seed oil (Helianthus annuus) merupakan sumber vitamin E, asam linoleat, serta antioksidan yang baik untuk rambut. Kandungan sunflower seed oil berperan membantu mempercepat pergantian sel-sel kulit mati, mengandung anti-inflamasi. Selain itu, sunflower seed oil juga dapat membantu merawat kelembapan kulit serta menjaga dari paparan sinar UV dan radikal bebas.

Baca Juga: Catat! Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan yang Wajib Dicoba

Jika kamu sering menggaruk ketombe yang gatal dengan kuku, minyak ini juga mampu membantu meredakan iritasi dan radang di kulit kepala.

5.  Cermat Memilih Gaya Rambut dan Warna Pakaian

Selain menghilangkan ketombe, kamu mungkin perlu mengakali agar ketombemu tidak terlihat orang lain. Salah satunya adalah menata rambut dengan ponytail atau updo-bun di atas kepala. Intinya, hindari menunjukkan belahan rambut karena ketombe bisa sangat terlihat jelas. Sisir rambut ke atas, lalu ikat longgar agar rambut tetap dapat bernapas.

Selain itu, kamu juga sebaiknya cermat memilih warna pakaian. Pilih warna-warna cerah atau warna pastel seperti baby pink, kuning, peach, biru muda, atau putih. Hindari warna gelap seperti hitam, cokelat tua, marun, atau navy blue untuk mencegah serpihan ketombe yang jatuh terlihat jelas. **

Editor : Marshal Deru Bumi

Adopsi Kripto Diprediksi akan Tumbuh Pesat pada Tahun 2023

Penting! Ajarkan Anak 5 Hal Mendasar ini Saat Masa Tumbuh Kembang