bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Gaya Hidup
Ilustrasi finansial.

Ini Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Rp3 Juta

BERITABAIK.ID - Mengelola keuangan dengan baik tentunya menjadi tantangan bagi setiap orang. Tentu, mengelola keuangan dengan nominal yang terbatas bukan hal yang mudah. Perlu seni dan alokasi yang tepat.

Lalu bagaimana jika penghasilan rumah tangga kita hanya menyentuh angka Rp3 juta? Tentu, tanpa pengelolaan keuangan yang baik, ada dampak yang tak diinginkan juga dalam rumah tangga.

Namun jangan kuatir, kita akan membahasnya sekarang agar sama-sama belajar mengelola keuangan rumah tangga dengan penghasilan Rp3 juta. Simak ulasannya, yuk!

1. Catat Segala Pengeluaran
Melakukan pencatatan dari segala pengeluaran yang ada menjadi salah satu cara terbaik untuk mengatur keuangan rumah tangga. Mungkin terbilang sulit, namun apabila kamu rutin dan konsisten menerapkan ini. Maka, sudah pasti hasilnya akan terlihat dan kamu dapat menentukan mana pengeluaran yang bisa ditekan agar pengeluarannya tetap lebih optimal.

Baca Juga: #LihatLebihDekat, Egar 'River Cleanup', Pantang Lelah Melawan Sampah

2. Buat Anggaran Bulanan
Apabila kamu sudah melakukan pencatatan serta mengetahui dengan jelas apa saja pengeluaran rutin setiap bulannya, langkah selanjutnya kamu dapat menyusun anggaran serta menerapkannya. Apabila dengan pendapatan Rp3 juta rinciannya seperti ini:

- Kebutuhan pokok 65% (Rp1.950.000,-)

- Tabungan dan investasi 10% (Rp300.000,-)

- Dana darurat 10% (Rp300.000,-)

- Rekreasi keluarga 10% (Rp300.000,-)

- Sedekah 5% (Rp150.000,-)

3. Biasakan untuk Hidup Lebih Hemat
Cara terbaik mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta lainnya adalah membiasakan untuk hidup lebih hemat. Anggaran tersebut harus selalu dijadikan acuan dengan mulai mengurangi kebutuhan yang sifatnya tidak perlu seperti mengurangi kebiasaan makan di luar dan mulai memanfaatkan bekal sebagai cara terbaik untuk berhemat.

Baca Juga: Ini 9 Tanda Kamu Akan Kena PHK, Waspada dan Persiapkan Rencana Baru!

4. Sisihkan untuk Kebutuhan Dana Darurat
Sisihkan untuk kebutuhan darurat, karena kita tidak akan pernah tahu bagaimana masa depan terjadi baik itu hal yang baik maupun buruk. Karenanya, penting untuk mempersiapkan dana darurat sedini mungkin.
Dana darurat yang perlu dipersiapkan juga tergantung klasifikasinya. Untuk mereka yang belum berumah tangga sekiranya minimal tiga kali total pengeluaran bulanan, mereka yang sudah menikah belum punya anak minimal enam kali total pengeluaran bulanan dan mereka yang sudah menikah dengan 1 anak minimal sembilan kali total pengeluaran bulanan.

5. Sisihkan untuk Menabung dan Investasi
Menabung tetap menjadi hal wajib, sedangkan investasi dapat jadi opsi tambahan untuk kamu yang memiliki pendapatan Rp3 juta. Cara terbaik lainnya adalah dengan melakukan hal ini pada awal bulan atau setelah mendapatkan gaji. Hindari kebiasaan menabung di akhir bulan agar tidak membuat jumlah nominal tabungan yang ditentukan berubah.

Baca Juga: Bandung bjb Tandamata Resmi Datangkan Pemain Timnas Turki Ceren Kapucu

6. Lakukan Evaluasi Keuangan
Langkah terakhir adalah dengan terus melakukan evaluasi keuangan secara berkala baik itu secara minggu maupun bulanan. Kamu dapat melakukan perbandingan harta yang dimiliki dengan total utang serta pendapatan dan pengeluarannya.
Dari evaluasi yang dilakukan ini kita akan mengetahui apakah sebenarnya kondisi finansial yang kita miliki ini sehat atau tidak.

7. Cari Penghasilan Tambahan

Bila kamu merasa perlu agar keuangan keluarga menjadi lebih baik dan sehat, kamu dapat mulai mencari penghasilan tambahan dari berbagai cara. Penghasilan tambahan ini bisa didapatkan dari mulai membuka online shop, menjadi dropship, affiliator marketing hingga lainnya.

TemanBaik, besar atau kecilnya penghasilan rumah tangga boleh jadi hanya berupa angka saja. Yang terpenting adalah bagaimana kita mengelolanya. Yuk, belajar mengelolanya sejak saat ini. Tetap semangat, ya! **

Editor : Marshal Deru Bumi

Hikapel, Melon Mirip Apel yang Lahir dari 'Keluhan Emak-emak'

#LihatLebihDekat, Egar 'River Cleanup', Pantang Lelah Melawan Sampah